Penyebab Kanker Hati dan Cara Mengobatinya

Penyebab Kanker Hati dan Cara Mengobatinya - Sobat Tipskesehatan-ku, Bagaimana kabar sobat semuanya? Moga ajah kita semua masih dalam karunia rahmat dan lindungan Allah SWT. O iyah, terakhir blog ini update artikel cara mengatasi enjakulasi dini yah? Pada kesempatan ini tipskesehatan-ku tidak akan membahas lebih lanjut mengenai enjakulasi dini pada kaum pria. Akan tetapi Tipskesehatan-ku akan bagikan informasi mengenai penyebab munculnya penyakit kanker hati dan cara mengobat kanker hati tersebut. Mungkin bagi kebanyakan orang, istilah kanker hati masih terasa asing yah? Biar lebih paham dan pengetahuan bertambah masilah kita simak artikel terbaru blog tipskesehatan-ku tentang cara mengobati kanker hati sampai selesai yah.

Apa yang dimaksud dengan kanker hati? Sobat Tipkesehatan-ku, kanker hati merupakan suatu penyakit kanker yang berawal dari organ hati atau liver. Berdasarkan lokasi pertumbuhan sel kanker, terdapat 2 klasifikasi kanker hati yaitu kanker hati primer dan sekunder. Kanker hati primer adalah suatu kanker yang berawal dari organ hati sehingga berakibat fatal. Sedangkan kanker hati sekunder adalah kanker yang berawal dari kemudian menyebar ke organ hati. Jenis kanker hati yang paling umum adalah Hepatocellular Carcinoma (HCC) atau Hepatoma. Ini merupakan penyakit kanker hati primer yang berkembang dari sel hati utama (Hepatosit). Perlu kita ketahui bersama bahwa kanker hati bisa juga merupakan komplikasi peradangan pada organ hati atau biasa kita kenal dengan sebutan Hepatitis dan kondisi sirosis (jaringan hati normal yang digantikan oleh jaringan parut).

penyebab kanker hati


Sedangkan kanker sekunder pada umumnya dinamakan menurut organ asal lokasi kanker berkembang, misalnya : kanker kolon metastasis yang berawal dari usus besar kemudian berkembang hingga ke hati. Selain dari usus besar, kanker hati sekunder juga bisa berawal dari penyebaran kanker payudara, paru, pankreas, lambung dan ovarium serta kulit (melanoma). Memang kanker hati sekunder ini lebih sering terjadi ketimbang kanker hati primer.

Organ hati merupakan salah satu organ paling penting karena melakukan ratusan fungsi yang harus dijalankan dalam tubuh kita. Maka dari itu, dalam dunia medis penyakit kanker hati dimasukan dalam kategori penyakit serius karena jika hati tidak mampu berfungsi secara normal maka akan menghambat kinerja organ tubuh lainnya terlebih lagi jika hati berhenti melakukan sebagaimana fungsinya.

penyakit kanker hati

Berikut ini beberapa fungsi penting organ hati yang perlu kita pahami :
  1. Menghilangkan racun dalam tubuh.
  2. Memproduksi cairan penghancur lemak atau empedu guna membantu pencernaan makanan.
  3. Mencerna protein dan lemak.
  4. Mengontrol penggumpalan darah.
Penyakit kanker hati ini biasanya memiliki gejala awal yang terlihat umum seperti mual dan mudah lelah sehingga terkadang kurang kita perhatikan. Oleh karena itu, sebagian besar penderita kanker hati mengetahui kalau terkena penyakit kanker hati setelah kanker berada pada stadium lanjut. Oleh karena itu, perlu kita ketahui bersama seperti apa sih gejala awal kanker hati, antara lain :
  1. Kelelahan.
  2. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas.
  3. Muntah.
  4. Mual-mual
  5. Sakit kuning ( kulit dan bagian putih bola mata yang mulai menguning sebagai dampak meningkatnya kadar bilirubin dalam tubuh kita).
Pengertian kanker hati, fungsi utama hati dan gejala awal penyakit kanker hati udah kita bahas bersama yah, moga bisa menambah ilmu pengetahuan kita semua. Lalu apa saja penyebab munculnya penyakit kanker hati? Sobat Tipskesehatan-ku, Hingga saat ini penyakit kanker hati belum dapat dipastikan apa penyebab yang sebenarnya. Akan tetapi diperkirakan kanker hati disebabkan oleh rusaknya jaringan sel-sel hati seperti penyakit hati sirosis. Perlu kita ketahui juga bahwa penyakit hati sirosis disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B dan hepatitis C. Penderita hepatitis B atau C mengalami peradangan hati yang berisiko memicu kerusakan serta timbulnya jaringan parut di organ hati dan bisa berkembang hingga menjadi kanker hati.

Gaya hidup yang tidak sehat memiliki pengaruh terhadap timbulnya penyakit kanker hati misalnya penyalahgunaan alkohol. Mengonsumsi minuman keras lebih dari jumlah yang direkomendasikan dapat menyebabkan kerusakan hati permanen dan meningkatkan risiko kanker hati. Jika terlihat tanda-tanda atau gejala kanker hati seperti diatas, segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter atau layanan medis terdekat guna mendapatkan diagnosis dan tindakan pengobatan yang tepat.

Bagaimana cara mengobati kanker hati yang benar dan tepat sasaran? Proses pengobatan atau penyembuhan kanker hati dipengaruhi oleh tingkat atau stadium kanker hati itu sendiri. Jika suatu penyakit kanker hati kondisinya masih stadium awal atau belum parah maka memungkinkan dilakukan pengobatan dan penyembuhan penyakit kanker tersebut. Lain halnya jika kanker hati sudah pada stadium lanjut maka pengobatan kanker hanya bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan penderita selama sisa masa hidupnya.

3 cara mengobati penyakit kanker hati, yaitu :
  1. Ablasi Frekuensi Radio adalah penggunaan sebuah perangkat listrik khusus digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada dalam organ hati.
  2. Operasi Reseksi adalah proses pengangkatan bagian tertentu dari organ hati yang terinfeksi kanker hati.
  3. Transplantasi Hati adalah menganti organ hati penderita dengan organ hati dari pendonor.
Nah itulah beberapa langkah pengobatan penyakit kanker hati. Akan lebih baik lagi jika kita mampu mencegah munculnya penyakit kanker hati. Cara paling mudah untuk mencegah terserangnya kanker hati bisa kita lakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga artikel kesehatan tentang penyebab kanker hati dan pengobatanya ini bisa menambah pengetahuan kita semua ya sob. Silakan bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan mencantumkan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Hati
0 Komentar untuk "Penyebab Kanker Hati dan Cara Mengobatinya"

Contact Form

Name

Email *

Message *