Khasiat Utama Akar Pinang Bagi Kesehatan

Khasiat Utama Akar Pinang Bagi Kesehatan - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar semuanya? Semoa kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Pinang, Pohon yang satu ini manfaatnya bagi kebutuhan kita semua. Buah pinang bisa kita manfaatkan untuk menambah kekuatan stamina pria maupun wanita. Bagaimana cara mengkonsumsi buah pinang? Cara mengolah dan mengkonsumsi dari buah pinang ini bisa kita buat menjadi jus pinang dan bandrek pinang. Namun kali ini kita tidak membahas buah pinang. Pada kesempatan kali ini tipskesehatan-ku akan share tentang manfaat utama akar pinang. Penasaran akan khasiat akar pinang bagi kesehatan kita?

manfaat pohon pinang

Seperti halnya akar kelapa, akar pinang juga banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan tubuh kita. Tanaman pinang ternyata sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat negeri ini sejak dulu guna mengobati berbagai macam penyakit secara tradisional dan alami tanpa campuran zat kimia. oleh karena itu pohon pinang, buah pinang, daun pinang dan akar pinang sudah tidak asing lagi bagi kita. Sebelum membahas khasiat utama akar pinang, ada baiknya kita ulas sedikit tentang manfaat dari bagian-bagian pohon pinang, antar lain :
  1. Buah pinang bermanfaat untuk menambah stamina pria maupun wanita
  2. Pelepah daun pinang (upih) bermanfaat untuk membungkus kue-kue atau makanan yang lain.
  3. Umbut pinang bisa dikonsumsi sebagai lalapan atau campuran acar.
  4. Pohon pinang bisa digunakan untuk panjat pinang, biasanya diperjual belikan menjelang HUT RI untuk lomba panjat pinang. Bisa juga digunakan sebagai pagar rumah meskipun tidak se-awet kayu yang lain. Batang pinang yang sudah tua bisa dibelah tengahnya dimanfaatkan sebagai saluran air. Ada juga yang memanfaatkan pohon pinang sebagai hiasan baik dalam maupun luar rumah.
  5. Akar pinang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit manusia. Namun akar pinang jenis pinang itam malah digunakan sebagai racun atau senjata untuk menyingkirkan musuh.
Hampir setiap bagian dari pohon pinang bermanfaat bagi kebutuhan kita sebagai umat manusia. Adakah yang tidak tau seperti apakah pohon pinang tersebut? Pastinya kebanyakan orang pernah melihat pohon pinang. Mungkin hanya penamaanya saja yang berbeda-beda tiap daerah seperti orang jawa menyebutnya jambe, orang aceh menyebutnya pineung dan orang toba menyebutnya pining. Masih penasaran dengan khasiat akar pinang bagi kesehatan tubuh kita? Lanjut baca artikelnya yah.

khasiat akar pinang bagi kesehatan kita

Khasiat utama akar pinang yang sering diungkapkan banyak orang adalah akar pinang berkhasiat untuk menambah stamina pria. Para ahli kesehatan dunia telah melakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa akar pinang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Agar tidak menimbulkan efek samping, ada baiknya akar pinang direbus dahulu sebelum digunakan sebagai obat kesehatan.

Berikut ini khasiat utama akar pinang bagi kesehatan tubuh kita, antara lain :
  1. Akar pinang untuk mengobati sakit pinggang. Cara mengolahnya mudah saja : Ambilah beberapa siung akar pinang yang telah dikeringkan dan rebus hingga mendidih dicampur dengan buah pinang atau ramuan lainnya. Jika sudah mendidih, angkat dan minum ketika masih hangat guna mengobati sakit pinggang atau pegal-pegal.
  2. Akar pinang untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri (penyakit difteri). Cara mengolahnya mudah saja : ambilah akar pinang dan rebuslah dalam 2 gelas air. Kemudian tambahkan 2 sendok makan madu hingga mendidih. Minum ramuan akar pinang tersebut secara rutin guna mengobati penyakit difteri.
  3. Akar pinang untuk mengobati kudis. Ternyata akar pinang juga bisa kita gunakan untuk mengobati kudis loh. Cara membuatnya mudah saja : ambilah akar secukupnya kemudian haluskan dan keringkan. Setelah kering, campurkan dengan 1/4 sendok teh kapur sirih dan air secukupnya hingga berbentuk ramua seperti pasta. Oleskan ramuan akar pinang tersebut pada kulit yang terkena kudis. Insyallah akan sembuh secara bertahap.
  4. Akar pinang untuk menambah stamina pria. Kandungan zat arkeolin pada akar pinang bermanfaat untuk menambah stamina atau gairah kaum pria. Cara membuatnya mudah saja : Ambilah akar pinang secukupnya dan rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya saja. Kemudian saring dan minum ramuan akar pinang tersebut masih hangat. Ramuan akar pinang ini tersebut akan bereaksi dalam waktu 2 jam setelah mengkonsumsi ramuan obat penambah stamina akar pinang ini.
  5. Akar pinang untuk mengecilkan rahim. Faktanya akar pinang juga bisa digunakan bagi kaum wanita untuk mengecilkan rahim setelah melahirkan. Cara membuatnya mudah saja : Ambilah akar pinang kering dan tambahkan 2 gelas air kemudian rebus hingga tersisa setengahnya. Saring dan minumlah ramuan akar pinang selagi masih hangat untuk mengecilkan rahim pasca melahirkan. Insyallah rahim akan mengecil secara bertahap seiring konsumsi ramuan akar pinang tersebut.
Baca Juga : Merawat Miss V Agar Tetap Kering Dan Rapet Dengan Ramuan Buah Pinang

Sobat tipskesehatan-ku, demikianlah beberapa manfaat dari pohon pinang, buah pinang dan akar pinang. Semoga artikel kesehatan tentang khasiat akar pinang ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Khasiat Utama Akar Pinang Bagi Kesehatan"

Contact Form

Name

Email *

Message *