Tips Sehat Menyimpan Makanan Dalam Kulkas

Tips Sehat Menyimpan Makanan Dalam Kulkas - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar semuanya? Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT. Perlu kita ketahui bahwa hingga saat ini hampir setiap rumah memiliki kulkas. Bahkan kulkas sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang. Lemari pendingin atau kulkas berguna untuk menyimpan atau mendinginkan buah-buahan, sayuran, makanan maupun bahan makanan lainnya. Jika penyimpanan makanan atau bahan makanan dilakukan dengan cara yang kurang tepat akan menyebabkan berkurangnya nilai gizi atau makanan malah membusuk sehingga menimbulkan bau tak sedap dalam kulkas sendiri. Oleh karena itu, Tipskesehatan-ku akan berbagi tips khusus guna menyimpan berbagai jenis makanan dan bahan makanan agar tidak menimbulkan bau tak sedap dan kualitas makanan didalam kulkas tetap terjaga dengan baik.

menyimpan makanan dalam kulkas

Mungkin diantara kita tidak bisa menghabiskan makanan dalam satu waktu maka cara yang tepat adalah menyimpan atau mengawetkan makanan tersebut dalam lemari pendingin (kulkas) agar bisa dikonsumsi lain waktu. Nah, terkadang juga bau tak sedap dalam kulkas disebabkan oleh sisa makanan yang tidak habis dalam satu waktu dan disimpan dalam kulkas tersebut. Ternyata tidak semua jenis makanan dapat disimpan atau diawetkan dalam kulkas karena memiliki karakter makanan yang berbeda sehingga penyimpananya juga harus terpisah. Kita harus mengetahui cara menyimpan makanan yang benar agar tahan lama dan nilai gizi tidak berkurang serta baik bagi pencernaan tubuh kita. Selain itu, kita juga harus memahami batas maksimal masa penyimpanan makanan tersebut dalam kulkas agar gizi tetap terjaga dengan citarasa makanan tidak berubah.

Berikut ini beberapa tips sehat menyimpan makanan maupun bahan makanan dalam lemari pendingin (kulkas) agar gizi dan rasa makanan tetap terjaga, antara lain :
  •  Daging dan ikan bisa tahan sampai 3-4 bulan jika kita simpan dan bekukan dalam freezer.
  • Sedangkan keju sebelum disimpan dalam kulkas sebaiknya dibungkus dengan plastik atau almunium foil sehingga bisa tahan 2-4 bulan dengan tidak mengurangi nilai gizi dan citarasa.
  • Untuk menjaga kesegaran sayuran hendaknya sebelum masuk dalam kulkas harus dikeringkan terlebih dahulu dan hindari penyimpanan sayuran dalam kondisi sudah dipotong rapih.
  • Telur penyimpananya harus dicuci bersih terlebih dahulu agar awet dan tidak menimbulkan bau tak sedap. Telur bisa tahan lama hingga 4 minggu dalam penyimpanan yang baik.
  • Minuman kemasan yang tertutup rapat tidak akan berkurang nilai vitamin maupun rasanya.
  • Jika akan menyimpan buah apel dalam kulkas ada baiknya dibungkus dengan plastik dan diberi lubang kecil agar gizi atau tekstur buah apel tetap segar.
  • Hindarilah menyimpan kentang dalam kulkas karena dapat mengubah zat tepung dalam kentang menjadi zat gula. Untuk kentang sebaiknya disimpan pada tempat yang gelap, dingin dan jauh dari bawang-bawangan.
  • Hindarilah penyimpanan jenis jamur menggunakan kertas karena jamur mudah berkeringat dan lebih cepat membusuk jika dibungkus dengan kertas. Sebelum disimpan dalam kulkas sebaiknya dibungkus menggunakan plastik.
  • Hindari menyimpan bawang putih dalam kulkas karena akan cepat membusuk,  lebih baik lagi bawang putih disimpan ditempat yang dingin atau sejuk alami.
  • Buah melon agar tetap segar dan tidak mudah kering, biarkan bijinya menempel pada buah melon ketika dipotong setengah atau sebagian.
  • Pisahkan bahan makanan jenis tepung jika menyimpan dalam kulkas.
  • Makanan sisa yang akan dikonsumsi lain waktu bisa saja disimpan dalam kulkas, namun sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak basi maupun membusuk.
Baca Juga :  Efek Negatif Menyimpan Telur Dalam Kulkas

Demikian beberapa tips menyimpan makanan atau bahan makanan dalam kulkas agar terjaga nilai gizi dan citarasa makanan tersebut. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

1 Komentar untuk "Tips Sehat Menyimpan Makanan Dalam Kulkas"

sayangnya saya blom punya kulkas....hehe
bagus web nya bro, udah ada si mbahnya,
salam https://dasarbahasainggris.blogspot.co.id/

Contact Form

Name

Email *

Message *