Pentingnya Buah Manjakani Bagi Kesehatan Wanita

Pentingnya Buah Manjakani Bagi Kesehatan Wanita - Sobat tipskesehatan-ku, pernahkah melihat buah manjakani? Seperti apakah buah manjakani tersebut? Taukah betapa pentingnya buah manjakani bagi kesehatan wanita terutama pada bagian organ intim. Apa sajakah manfaat buah manjakani tersebut? Mungkin diantara sobat tipskesehatan-ku ada yang belum tahu apakah buah manjakani tersebut, bahkan belum pernah melihatnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini, tipskesehatan-ku akan membahas tentang manfaat manjakani bagi kesehatan kita. Betapa pentingya buah manjakani bagi kesehatan wanita terutama pada bagian organ kewanitaanya.

Manfaat Buah Manjakani
Manfaat Buah Manjakani
Buah manjakani atau lebih dikenal dengan manjakani merupakan buah dari sejenis tanaman atau pohon yang memiliki nama lain pohon Oak (Oak Galls atau Mecca Manjakani). Pohon oak ini banyak tumbuh di indonesia akan tetapi belum banyak yang tahu akan manfaatnya. Oleh karena itu buah manjakani ini tidak begitu diperhatikan keberadaanya. Namun di beberapa negara seperti Cina, Arab, India, Iran, Malaysia dan Brunei buah manjakani ini sudah umum digunakan sebagai obat herbal.

Faktanya buah manjakani memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita antara lain :
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Zat Besi
  •  Serat
  • Antioksidan
  • Tanin
  • Asid Tannik

Manjakani sangat bermanfaat bagi kesehatan wanita terutama pada organ kewanitannya. Berikut ini beberapa manfaat buah manjakani bagi kesehatan wanita, antara lain :
 
Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita
 
Manjakani memiliki banyak kandungan seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Kandungan itulah yang akan bermanfaat bagi organ kewanitaan. Khasiatnya untuk organ kewanitaan antara lain adalah untuk mengatasi cairan yang berlebihan, membersihkan bakteri dan jamur, membuatnya lebih keset, dan meningkatkan elastisitas otot area V.

Kalau dulu, biasanya buah manjakani akan ditumbuk sampai halus. Setelah itu jika sudah halus akan disaring kemudian dioleskan di area kewanitaan. Ada juga yang menjadikannya sebagai campuran jamu alami.

Daun Manjakani untuk Merapatkan Miss V

Manjakani kaya akan kandungan zat tannin. Bagi organ seksual, tannin merupakan zat yang dipercaya bisa merapatkan selaput dan dinding vagina. Kalau dalam dunia medis, efek yang dihasilkan dinamai dengan efek astringent.

Zat tannin tersebut diperoleh saat daun manjakani terkena reaksi dari perkembangbiakan larva tawon yang sedang bertelur di daun. Kemudian hal itu memicu sebuah reaksi kimia akibat telur yang menempel di daun sehingga memungkinkan daun bisa menghambat bertumbuhnya jamur, bakteri dan virus.

Efek dari daun manjakani sebenarnya sudah diuji dan sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal farmakologi. Jurnal farmakologi tersebut telah mencatat bahwa ekstrak manjakani memiliki kandungan nutrisi dan senyawa seperti vit A & C, karbohidrat, zat besi, kalsium, antioksidan, piperonylic, asam gallic, asam ellagic, protein dan serat yang memiliki fungsi sebagai anti radang, anti diabetes anti microbial, dan astringent. Memang hal ini adalah cara alami dan berbeda dengan prosedur operasi yang sekarang umum dilakukan.

Mengatasi Miss V yang kering

Menurut seorang ahli bernama Prof. Dr. Hembing Wijayakusuma, selain mengatasi keputihan, mengurangi cairan, dan meningkatkan elastisitas organ kewanitaan, manjakani juga bisa mengatasi Miss V yang kering. Akan tetapi untuk penggunaannya, tidak hanya cukup dipakai begitu saja. Tapi diperlukan beberapa cara dan dicampur dengan ramuan tertentu sesuai tujuan pengobatan.

Alat Kontrasepsi Keluarga Berencana (KB)

Di Aceh, biasanya Manjakani dijadikan sebagai salah satu alat kontrasepsi KB. Meskipun juga memiliki khasiat guna menyembuhkan luka, tapi terkadang juga diolah dan dijadikan untuk menunda kehamilan.
 

Mengobati Kista

Buah Manjakani yang di kombinasikan dengan berbagai macam bahan alami dapat menambah manfaat dari olahan buah Manjakani tersebut. ada berbagai macam resep jamu Manjakani yang beredar dipasaran. salah satu resep Manjakani yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kista yaitu jamu Manjakani aceh. jamu ini mengandung bahan campuran yang terdiri dari buah Manjakani, sirih, kayu putih, rumput fatimah, buah pinang muda, kunyit putih dan rempah rempah.
Demikianlah artikel kesehatan tentang buah manjakani dan manfaatnya bagi kesehatan wanita. Semoga artikel tipskesehatan-ku ini bisa bermanfaat untuk teman teman semuanya. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini kepada teman yang lain melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Pentingnya Buah Manjakani Bagi Kesehatan Wanita"

Contact Form

Name

Email *

Message *