Cara Mengobati Amandel Secara Alami

Cara Mengobati Amandel Secara Alami - Sobat tipskesehatan-ku, apa kabarnya? Semoga dalam keadaan sehat bugar semuanya. Kita ketemu lagi dalam blog tipskesehatan-ku, kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati amandel. Adakah sobat yang terkena amandel? Semoga saja diantara kita tidak terkena amandel. Cara mengobati amandel bisa dilakukan secara medis ataupun alami. Namun kali ini kita hanya akan membahas cara mengobati amandel secara alami karena lebih aman dan tidak banyak mengeluarkan biaya sehingga mudah terjangkau oleh masyarakat kalangan bawah. Sebelum sampai pada pokok bahasan cara mengobati amandel, perlua kita ketahui lebih awal tentang amandel ini.

Cara mengobati amandel
Cara mengobati amandel

Apakah penyakit amandel itu?
Amandel sendiri memiliki fungsi yang baik yaitu melindungi organ mulut dari bahaya infeksi dan bakteri. Sakit amandel merupakan penyakit ringan yang sering dialami oleh banyak orang. Amandel berada di bagain sisi kanan dan kiri rongga mulut dan juga tenggorokan, sehingga bisa terlihat dengan mudah jika penyakit amandel terjadi. Penyakit amandel terjadi akibat ada nya infeksi. Infeksi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, dan yang paling parah ketika infeksi berada jauh di dalam tubuh. Infeksi pada amandel biasanya hanya terjadi di saluran pernafasan dan juga mulut. Penyakit amandel merupakan penyakit yang sering kambuh, karena jika tidak ingin kambuh maka penyakit amandel diatasi dengan dengan mengambil atau mengangkat kedua amandel yang fungsi nya sudah tidak di butuhkan karena kondisi daya tahan tubuh sudah berfungsi dengan baik.

Apa penyebab penyakit amandel itu?
Penyakit amandel biasanya disebabkan oleh infeksi atau bakteri yang masuk melalui mulut dan hidung. Selain itu disebabkan oleh kebiasaan makan makanan yang mengandung penyedap rasa, bahan pengawet atau bahan MSG secara terus menerus. Karena rasa gurih dan manis dalam makanan tersebut membuat kita akan kebiasaan atau kecanduan dengan cemilan makanan ringan tersebut. Amandel ini biasanya terjadi pada orang yang sering ngemil, suka ngemil atau ngemil secara terus-terusan. Selain dari faktor makanan, penyakit amandel juga bisa disebabkan karena minuman yang kita minum mengandung pemanis buatan.

Gejala umum penyakit amandel?
Sebelum amandel membesar dan parah, biasanya diawali dengan gejala awal yang biasa terjadi pada penderita amandel.
Berikut ini gejala awal yang umum pada penyakit amandel :
1. Merah dan bengkak pada amandel
2. Timbul bercak atau lapisan kekuningan pada amandel
3. Sakit tenggorokan dan sulit menelan
4. Leher bengkak
5. Sakit kepala
6. Tubuh terasa sakit atau pegal
7. Bersamaan dengan batuk pilek
8. Badan panas dingin atau demam

Baca juga : Manfaat Bandrek Pinang Bagi Kesehatan

Bagaimana cara mengobati amandel secara alami?
Ketika amandel mulai membengkak sebaiknya segera diobati karena jika sudah membesar dan parah akan terasa sakit dan sulit menelan makanan. Untuk mengobati penyakit amandel ini lebih baik menggunakan bahan alami karena relatif lebih aman buat anak-anak juga. Meskipun mengobati amandel dengan cara memanfaatkan bahan alami, akan tetapi hasilnya cukup bagus dan penyakit amandel akan sembuh secara berkala.

Berikut beberapa bahan yang bisa di gunakan untuk menjadi obat amandel, dan menyembuhkan amandel :
  • Daun benalu
Cara mengobati amandel secara alami bisa dengan menggunakan daun benalu. Khasiat dari daun benalu salah satu nya akan membantu menyembuhkan amandel, sebagai obat amandel. Pada saat amandel bengkak dan terdapat bintik merah dan nanah, maka cara mengatasi nya dengan minum daun benalu yang yang dicampurkan dengan air hangat atau pun di rebus.
  • Jeruk nipis
Jika ingin menyembuhkan amandel, cara mengobati amandel yang bisa di lakukan dengan menggunakan bahan alami dari jeruk nipis karena obat amandel alami. Karena masalah infeksi mulut seperti hal nya gusi berdarah, atau pun sariawan bisa di bantu dengan kandungan yang di miliki oleh jeruk nipis, dan termasuk pada saat amandel. Cara mengobati amandel dengan jeruk nipis sangat mudah di lakukan dengan mengkonsumsi air jeruk nipis saja dengan rutin maka akan membantu menyembuhkan nya. jika jeruk nipis ingin di berikan pada anak, maka jeruk nipis yang asam bisa di tambahkan dengan madu.
  • Madu
Cara mengobati amndel alami dengan menggunakan madu murni. Madu murni bisa di gunakan untuk menyembuhkan amandel yang sedang kambuh dan juga bengkak karena salah satu obat amandel. Oleh sebab itu pada saat sedang merasakan sakit akibat amandel dan infeksi maka sebaik nya memperbanyak mengkonsumsi madu.
  • Bayam
Jika anak sedangan sakit amande maka sebaik nya berikan bayam rebus. Bayam rebus bisa di gunakan untuk menjadi cara mengobati amandel, karena bayam bisa di gunakan untuk menyembuhkan sakit amandel akibat infeksi bakteri atau pun infeksi virus. Karena bayam obat amandel yang alami.

Itulah beberapa cara untuk mengobat penyakit amandel secara alami, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat buat kita semuanya. Silakan share atau bagikan artikel kesehatan kali ini melalui sosial media ataupun blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini. Sobat tipskesehatan-ku, marilah kita jaga kesehatan tubuh kita dan keluarga sebaik baiknya agar bisa beraktifitas normal setiap hari.



Labels: Pernafasan
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Amandel Secara Alami"

Contact Form

Name

Email *

Message *