Kenali Ciri-Ciri Gejala Tipes dan Penyebabnya

Kenali Ciri-Ciri Gejala Tipes dan Penyebabnya - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar sobat semuanya? Semoga kita semua dalam karunia rahmat, hidayah dan lindungan Allah SWT. Artikel sebelumnya kita bahas tentang gejala awal penyakit kanker payudara dan penyebabnya. Mungkin diantara sobat tipskesehatan ada yang pernah mengalami sakit tipes hingga rawat inap di RS. Pada kesempatan kali ini Tipskesehatan akan bagikan informasi mengenai ciri-ciri gejala tipes dan penyebabnya. Kita harus waspada akan kemungkinan terserangnya penyakit tipes dengan mengenali ciri-ciri gejala tipes.

Tipes atau istilah medisnya Typhoid Fever (demam Tifoid) merupakan insfeksi bakteri yang terjadi pada sistem pencernaan dan dapat menyebar ke seluruh tubuh hingga mempengaruhi kinerja organ tubuh. Karena kurang mengetahui akan tanda-tanda gejala tipes biasanya kita mengetahui kalau terkena tipes ketika penyakit tipes kondisinya sudah parah dan harus rawat inap di rumah sakit. Itulah kelemahan pengetahuan mengenai kesehatan tubuh. Tak ada salahnya kita akan membahas mengenai berbagai macam gejala awal penyakit tipes. Kalau penyakit tipes ini sudah dalam kondisi parah, tentu saja membutuhkan perawatan intensif dan waktu yang agak lama dalam menyembuhkanya.

Ciri Ciri Penyakit Tipes


Penyebab Penyakit Tipes

Apakah saja yang menyebabkan munculnya penyakit tipes? Pada umumnya tipes merupakan suatu infeksi pada usus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang berasal dari makanan maupun minuman kurang higienis yang dikonsumsinya. Bakteri Salmonella ini mudah berkembang biak di dalam usus dan darah penderita tipes. Perlu kita ketahui bahwa penyakit tipes ini bisa menyerang siapa saja baik pada usia anak-anak hingga dewasa. Siapa saja akan mudah terjangkit penyakit tipes jika kurang memperhatikan kebersihan diri atau lingkungan terutama makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Apalagi jika kita terbiasa jajan sembarangan juga menyebabkan mudahnya terkena penyakit tipes.

Selain itu seseorang terkena penyakit tipes juga bisa disebabkan oleh kutu badan yang bisa menyebabkan sakit tipes epidemik. Tipes epidemik diakibatkan oleh bakteri Ricketsia Typhi yang dibawa dan disebarkan oleh kutu badan (tungau dan caplak). Selain tipes epidemik ternyata ada berbagai jenis tipes yang lain, seperti : Tipes demam berbintik gunung rocky, demam boutoneuse, tipes caplak siberia, tipes caplak australia, dll.

Pada umumnya kita mengetahui jika terkena penyakit tipes setelah melakukan pengecekan laboratorium dengan ditemukannya beberapa hasil lab berikut ini :
  1. Menurunnya jumlah sel darah putih dalam tubuh.
  2. Jumlah trombosit ikut menurun.
  3. Terdapat bakteri Salmonella Typhi pada pemeriksaan darah dan urine penderita.
 Ciri-Ciri Gejala Tipes Yang Perlu Kita Ketahui

Sobat Tipskesehatan-ku, sekarang udah mulai paham kan apa saja yang menyebabkan kita terkena penyakit tipes. Paling tidak kita mengetahui faktor atau penyebab utama yang paling sering mengakibatkan penyakit tipes. Selain mengetahui penyebab munculnya sakit tipes, kita juga perlu melakukan perawatan atau pengobatan sebelum penyakit tipes semakin parah. Biasanya seseorang mengetahui kalau terkena penyakit tipes ketika penyakit tipes sudah dalam kondisi parah dan harus dilakukan penyembuhan yang intensif di rumah sakit. Nah, Tipskesehatan-ku akan bagikan beberapa tanda-tanda gejala tipes yang perlu kita waspadai.

Berikut ini ciri-ciri gejala penyakit tipes yang perlu kita ketahui :
  1. Demam. Penderita tipes biasanya akan mengalami demam yang semakin tinggi seiring dengan semakin parahnya penyakit tipes. Ketika demam memuncak terkadang hingga 39-40 derajat celcius pada malam hari. Dan demam akan menurun ketika menjelang pagi hingga siang hari kemudian naik lagi pada malam harinya. Kondisi naik turun suhu badan pada penderita tipes biasanya berlangsung sekitar 3 minggu pertama.
  2. Hilangnya nafsu makan. Seseorang yang terkena penyakit tipes biasanya kehilangan nafsu makan sehingga tubuh lemas dan berat badan makin turun. Hal ini perlu kita waspadai, akan lebih baik jika segera dibawa berobat ke rumah sakit terdekat.
  3. Bibir pecah-pecah. Gejala awal penyakit tipes selanjutnya yaitu bibir mulai pecah-pecah dan cenderung kering. Selain itu akan muncul peradangan pada tenggorokan hingga mulut mengeluarkan bau tak sedap.
  4. Lidah penderita tipes berwarna putih. Tidak hanya penyakit tipes, ketika seseorang sedang sakit akan mengalami rasa pahit dilidah ketika makan dan minum. Namun bagi penderita tipes, rasa pahit tersebut akan diikuti dengan lidah yang berwarna putih dan bagian tepi lidah tetap berwarna merah.
  5. Nyeri otot. Ciri-ciri penyakit tipes selanjutnya yang muncul pada penderita tipes adalah otot-otot tubuh akan terasa nyeri dan kepala terasa sangat pusing.
  6. Diare atau Sulit buang air besar (BAB). Pada umumnya penderita tipes akan mengalami diare, namun tak jarang juga yang malah mengalami susah buang air besar (BAB). Bagian perut akan terasa sakit karena membengkaknya limfa dan hati. Makanya kadang pada penderita tipes merasa mual dan sering muntah.
Baca Juga :  Kenali Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Payudara

Sobat Tipskesehatan-ku, itulah beberapa hal yang menyebabkan munculnya penyakit tipes dan tanda-tanda gejala tipes. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan share atau bagikan artikel kesehatan tentang tanda tanda penyakit tipes melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Perut
0 Komentar untuk "Kenali Ciri-Ciri Gejala Tipes dan Penyebabnya"

Contact Form

Name

Email *

Message *