Cara Mudah Mengobati Penyakit Herpes Pada Kulit

Cara Mudah Mengobati Penyakit Herpes Pada Kulit - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar sobat semuanya? Semoga kita semua selalu dalam karunia rahmat dan lindungan Allah SWT. Ngomong-ngomong mengenai herpes mungkin diantara kita pernah ada yang mengalami sakit herpes namun kesulitan dalam upaya pengobatannya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mudah dan cepat dalam mengobati penyakit herpes pada kulit. Sebelumnya perlu kita ketahui tentang apa penyakit herpes dan penyebab munculnya herpes pada kulit.

Herpes merupakan suatu penyakit yan g menyerang area kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Virus ini menyerang jaringan saraf tepi pada kulit makanya akan terasa sakit sekali disertai gatal pada luka yang terkena herpes. Penyakit herpes biasanya menyerang kulit pada area bibir dan alat kelamin. Lebih parahnya lagi, penyakit herpes akan menular melalui kontak kulit seperti ciuman dan gesekan pada area kulit yang terkena herpes. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati kontak fisik dengan penderita herpes.

Cara Mudah Mengobati Herpes

Berdasarkan penyebabnya, penyakit herpes dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
  1. Herpes Simplek adalah penyakit herpes yang ditandai luka seperti kulit melepuh dan berisi air.
  2. Hepes Zoster adalah penyakit herpes yang disebabkan oleh kambuhnya penyakit varisella.
  3. Herpes Genital adalah penyakit herpes yang menyerang pada area alat kelamin
  4. Herpes Labialis adalah penyakit herpes yang menyerang pada area bibir.
Karena penyakit herpes ini disebabkan oleh virus herpes maka akan sulit diobati dengan obat antibiotik seperti amoxcillin, ampicillin dan obat antibiotik lainnya. Obat antibiotik sendiri fungsinya membunuh bakteri, sedangkan penyakit herpes disebabkan oleh virus berbeda dengan bakteri. Maka obat yang cocok guna menyembuhkan penyakit herpes adalah obat yang fungsinya membunuh virus. Namun tidak usah khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat penyembuhan penyakit herpes secara aman.

Ada beberapa obat anti virus yang bisa kita gunakan untuk mengobati penyakit herpes antara lain Asyclovir, Valasiclovir dan Famsiclovir. Obat-obatan tersebut merupakan obat khusus yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh terserangnya virus makanya dikenal sebagai obat antivirus. Penasaran bagaimana cara cepat mengobati penyakit herpes pada kulit? Simak terus kelanjutan artikel tips mengobati penyakit herpes sampai selesai yah.

Berikut ini beberapa cara mudah mengobati penyakit herpes pada kulit, antara lain :
  • Cara mengobati penyakit herpes zoster. Untuk mengurangi rasa nyeri pada area yang terkena herpes zoster kita bisa menggunakan obat penghilang nyeri yang tergolong pada obat NSAID (Non Steroid Anti Inflamantory Dissease). Obat-obatan yang termasuk dalam golongan NSAID antara lain : Asam Mefenamat 500mg, Indometasin 25mg dan Ibu Profen 400mg. Minumlah diantara 3 obat-obatan antivirus tersebut guna mengurangi rasa nyeri pada kulit yang terkena herpes zoster 3x perhari. Sebagai obat luar, taburkan bedak kalamin atau bedak phenol zinc lotion. Bisa juga kita menggunakan obat antivirus seperti Asyclovir, Valasiclovir dan Famsiclovir. Terkadang masih terasa nyeri meskipun penyakit herpes sudah terobati, untuk meredakan rasa nyeri tersebut kita bisa mengoleskan obat salep fenol 3-5% hingga 2-6x perhari, Amitriptillin 10-25mg setiap malam hari atau gabapentin 100-300mg perhari.
  • Cara mengobati penyakit herpes simplek. Herpes labial atau bibir : Berkumurlah dengan air yang sudah dicampur antiseptik klorheksidin 3 atau 4x perhari dan tambahkan juga salep asyclovir 5x perhari. Herpes genital : Larutkan zat PK (permanganat kalium) kedalam air dan tambahkan betadin untuk berendam pada area kelamin yang terkena herpes genital saja. Dalam menjalani terapi tersebut sebaiknya disertai dengan minum asyclovir tablet 200mg 5x perhari atau 400mg 3x perhari selama 7 hari.
Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati penyakit herpes pada kulit. Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan ketika terkena penyakit herpes, antara lain :
  1. Hindari menggaruk pada area kulit terkena herpes karena luka herpes akan semakin parah dan melebar sekitarnya.
  2. Hindari menggosok dengan handuk pada area kulit yang terkena herpes karena gelembung luka herpes akan pecah dan menyebar lebih parah lagi sama seperti halnya menggaruk luka herpes.
  3. Hindarilah konsumsi makanan yang bisa menimbulkan alergi pada kulit hingga penyakit herpes benar-benar sembuh total.
Baca Juga : Khasiat Utama Akar Pinang Bagi Kesehatan


Sobat tipskesehatan-ku, demikianlah beberapa cara mudah untuk mengobati penyakit herpes dengan cepat dan aman. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Kecantikan
0 Komentar untuk "Cara Mudah Mengobati Penyakit Herpes Pada Kulit"

Contact Form

Name

Email *

Message *