Tips Menjaga Dan Merawat Kehamilan Pada Trisemester Ketiga

Tips Menjaga Dan Merawat Kehamilan Pada Trisemester Ketiga - Hai sobat tipskesehatan-ku, sepertinya udah hampir sebulan yah tidak ada update artikel blog kesehatan ini. Maklum lah, karena masih ada kesibukan ofline.hehehe. Melanjutkan dari artikel yang terdahulu tentang kehamilan, kali ini kita akan membahas mengenai tips menjaga dan merawat kehamilan pada trisemester ketiga.

Agar proses persalinan nantinya berjalan lancar maka kita perlu mempersiapkannya sejak 3 bulan sebelum tanggal persalinannya. Oleh karenanya ada baiknya untuk menjaga dan merawat kehamilan pada trisemester ketiga atau 3 bulan sebelum kelahiran sang buah hati. Seperti telah kita ketahui bahwa masa kehamilan dibagi menjadi 3 periode yaitu kehamilan trisemester pertama, kehamilan trisemester kedua dan kehamilan trisemester ketiga. Pada kehamilan trisemester ketiga ini mungkin saja begitu mendebarkan karena nantinya akan ada kelahiran sang buah hati yang sudah ditunggu-tunggu selama 9 bulan lamanya.

senam ibu hamil trisemester ketiga

Tips menjaga kehamilan trisemester ketiga ini sangatlah penting demi lancarnya proses persalinan dan mencegah dari hal-hal yang tidak kita inginkan seperti kelahiran bayi prematur, tali pusar melilit sang bayi, kurangnya pertumbuhan sang bayi,dll. Pada usia kehamilan trisemester ketiga ini biasanya sang ibu hamil akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman seiring semakin besarnya bayi dalam kandungan seperti pegal-pegal sakit punggung, sesak nafas dan lebih seringnya buang air kecil daripada sebelumnya. Oleh karena itu, tips menjaga dan merawat kehamilan trisemester ketiga ini penting sekali buat ibu hamil demi kelancaran proses persalinan nanti.

Berikut ini beberapa tips menjaga dan merawat kehamilan pada trisemester ketiga, antara lain :
  1. Perhatikanlah asupan nutrisi bagi ibu hamil dan sang bayi dalam kandungan agar pertumbuhannya normal. Terutama asupan nutrisi gizi pada ibu hamil dapat membantu menjaga kondisi fisik lebih kuat karena mendekati waktu persalinan yang membutuhkan banyak tenaga nantinya. Adapun makanan yang baik dikonsumsi selama kehamilan trisemester ketiga yaitu makanan yang mengandung banyak Omega-3 guna pertumbuhan bayi (menyempurnakan bayi dalam kandungan) dan makanan berprotein tinggi karena seperti susu yang dapat membentuk darah, plasenta dan cairan ketuban.
  2. Kurangilah beban kerja atau aktifitas sehari-hari dan buatlah suasana tubuh lebih tenang atau rileks. Pada usia kehamilan trisemester ketiga ini biasanya muncul banyak keluhan ibu hamil seperti sakit pinggang, sesak nafas dan sering buang air kecil. Selain itu juga sang ibu hamil akan rentan mengalami perasaan stress dan panik karena semakin dekatnya proses persalinan. Oleh karenanya, sang ibu hamil perlu membuat keadaan tubuh lebih tenang dan rileks saja karena semuanya akan berjalan normal dan lancar. Jika memungkinkan, mintalah suami memijit punggung perlahan-lahan agar rasa sakit punggung menghilang dan lebih nyaman dari sebelumnya. Dalam hal posisi tidur, cobalah posisi tidur menyamping kekanan dengan kaki diganjal bantal. Posisi tidur ini akan membuat lebih rileks dan baik bagi kehamilan.
  3. Lakukanlah aktifitas ringan guna menjaga sirkulasi darah dan menambah kesegaran maupun kebugaran sang ibu hamil. Aktifitas ringan yang bagus untuk ibu hamil seperti senam ibu hamil dan jalan santai bermanfaat guna membantu kelancaran proses persalinan nantinya.
  4. Buatlah suasana hati yang tenang dan jangan terlalu panik selama kehamilan trisemester ketiga ini karena mendekati waktu persalinan atau kelahiran sang buah hati. Seiring dengan semakin besarnya bayi dalam kandungan dan mendekati kelahiran sang bayi biasanya akan muncul kontraksi atau pergerakan dalam kandungan. Perlu ibu hamil ketahui bahwa kontraksi dini kehamilan ini sangatlah wajar dan alamiah asalkan tidak disertai dengan keluarnya darah dari vagina sang ibu hamil. Pada dasarnya kontraksi dalam kandungan ini akan lebih sering seiring mendekati waktu persalinan.
Baca Juga : Tips menjaga dan merawat kehamilan pada trisemester kedua


Demikianlah beberapa tips menjaga dan merawat kehamilan pada trisemester ketiga, semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua terutama sang ibu hamil. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan tentang kehamilan trisemester ketiga ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Tips Menjaga Dan Merawat Kehamilan Pada Trisemester Ketiga"

Contact Form

Name

Email *

Message *