Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan Tubuh - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua dalam keadaan kesehatan yang baik yah..Terakhir kemarin kita bahas tentang Cara Ampuh Menghilangkan Asam Urat Secara Alami. Edisi kali ini kita akan membahas tentang apakah manfaat tidur miring ke kiri dan alasanya terhadap kesehatan tubuh. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa tidur memberikan peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh jasmani maupun rohani. Berapa lama waktu tidur yang baik? Waktu tidur yang baik sekitar 7 jam tergantung batasan umur dan kondisi fisik setiap orang. Akan tetapi posisi ketika sedang tidur sangatlah penting seperti halnya berapa lama waktu tidur. Posisi tidur yang baik dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kesehatan organ pencernaan kita. Lalu bagaimana cara dan posisi tidur yang baik bagi kesehatan tubuh kita?

Posisi tidur miring ke kiri memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Lalu bagaima dengan beberapa posisi tidur lainnya seperti terlentang, tengkurap dan miring ke kanan? Yah, kita mengenal dan mungkin terbiasa dengan beberapa posisi tidur miring ke kiri, terlentang, tengkurap dan miring ke kanan. Ternyata semua posisi tidur tersebut memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Tidur terlentang sangat berbahaya bagi beberapa orang penderita sleep apnea atau asma karena dapat menyebabkan kesulitan saat bernafas. Sedangkan posisi tidur miring ke kanan dapat memperburuk atau menambah masalah pencernaan dan sebaliknya posisi tidur miring ke kiri dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan yang bermasalah.

posisi tidur miring ke kiri

Tidur miring kekiri bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh, bahkan dapat menyelamatkan nyawa. Seperti halnya dalam pengobatan holistik, tubuh bagian sebelah kiri adalah sisi limfatik yang paling dominan sehingga ketika kita tidur dengan posisi miring ke kiri maka tubuh akan memiliki banyak waktu untuk menyaring racun, cairan getah bening dan limbah melalui saluran toraks dan kelenjar getah bening. Nah sebaliknya, tidur miring ke kanan menyebabkan sisi limfatik berjalan lebih lambat dari normalnya. Sistem Limfatik tidak berjalan lancar dan efisiensi akan membuat kurang mampu dalam menyaring racun dengan benar atau aliran cairan getah bening tidak berjalan lancar. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko dari penyakit mematikan akibat masalah penumpukan racun dalam tubuh.

Sekarang mulailah membiasakan tidur miring ke kiri maka kita akan merasakan kondisi tubuh lebih bugar dari sebelumnya karena pembuangan toksin atau racun lebih maksimal dalam tubuh. Selain itu, memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi lebih cepat dan membuang racun lebih cepat. Kemudian bagaimana membiasakan diri tidur miring ke kiri? Mungkin bagi kebanyakan orang yang tidak terbiasa akan merasa kesulitan untuk membiasakan tidur dengan posisi miring ke kiri.

Berikut ini beberapa tips atau trik bagus membiasakan tidur miring ke kiri guna membantu meningkatkan kesehatan tubuh, antara lain :
  1. Berbaring ke kiri dan menganjal bagian punggung dengan bantal atau guling agar posisi tidur tidak mudah berubah dan tetap miring ke kiri.
  2. Merubah posisi tempat tidur agar terbiasa tidur miring ke kiri namun tetap nyaman seperti biasanya.
  3. Memberikan cahaya yang redup pada sisi sebelah kanan sehingga secara otomatis tubuh akan berpaling untuk tidur miring ke kiri menghindari cahaya tersebut. Lama-kelamaan kita akan terbiasa dengan posisi tidur miring ke kiri.
Baca Juga :  Bagaimanakah Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita
Mulai dari sekarang, mulailah merubah posisi tidur miring ke kiri guna meningkatkan kesehatan tubuh kita. Demikianlah artikel kesehatan mengenai manfaat tidur miring ke kiri bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan bagikan artikel kesehatan tentang manfaat tidur miring ke kiri bagi kesehatan tubuh melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Kesehatan Tubuh"

Contact Form

Name

Email *

Message *