Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami - Sobat Tipskesehatan-ku, Apa kabar hari ini? Semoga kita semua dalam kondisi sehat baik jasmani maupun rohani sehingga bisa melakukan aktifitas rutin sehari-hari dengan baik. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit tekanan darah tinggi. Bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi? Ikutilah kelanjutan artikel kesehatan ini sampai tuntas supaya kita bisa tahu cara mengobati penyakit darah tinggi.

Hipertensi atau lebih dikenal dengan sebutan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi naiknya tekanan darah pada pembuluh darah dalam waktu yang lama. Salah satu penyebab naiknya tekanan darah yaitu penyempitan pembuluh darah. Penyakit tekanan darah tinggi ini umumnya terjadi pada seseorang dengan usia 40 tahun keatas. Hipertensi atau tekanan darah tinggi sulit dideteksi oleh seseorang tanpa melakukan pengukuran tekanan darah. Oleh karena itu, ada baiknya kita selalu mengecek tekanan darah kita supaya bisa mengendalikan tekanan darah tersebut agar terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi. Kita bisa melakukan pengecekan tekanan darah ini di klinik, dokter dan rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan terdekat.

cara menurunkan tekanan darah tinggi

Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang terkena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) atau tidak? Lakukan pengukuran tekanan darah ke dokter atau klinik terdekat. Saat pengukuran tekanan darah tersebut, perhatikanlah hasil pengukuranya. Angka pertama hasil pengukuran tekanan darah merupakan angka tekanan darah sistolik yang artinya satuan ukuran tekanan darah dalam arteri ketika jantung berdenyut. Angka berikutnya merupakan tekanan darah diastolik yang mengindikasikan tekanan diantara detak jantung ketika jantung sedang beristirahat. Nah tekanan darah normal biasanya kurang dari 120/80.

Sebagian orang tidak menyadari atas resiko negatif atau efek samping dari apa yang mereka makan setiap harinya. Untuk menjaga kesehatan tubuh kita terutama tekanan darah agar kondisi normal sebaiknya cermati atau perhatikan asupan makanan dan kandungan didalamnya. Salah satu contoh yaitu mengurangi asupan garam atau sodium merupakan salah satu langkah mencegah terserangnya tekanan darah tinggi. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami, antara lain :
  • Makanlah buah-buahan segar kaya akan serat setiap hari, contohnya : Apel, Jeruk dan Pisang.
  • Perbanyak konsumsi sayuran hijau, seperti :bayam, brokoli, kacang panjang dan buncis.
  • Lakukanlah diet tekanan darah tinggi, contohnya : diet konsumsi garam, natrium atau sodium, tentukan makanan rendah sodium.
  • Kurangilah konsumsi daging dan keju.
  • Hindarilah makanan atau cemilan yang bercitarasa asin (menggunakan banyak penyedap rasa).
  • Makanlah makanan yang banyak mengandung unsur Omega 3.
  • Minumlah jus seledri secara rutin setiap hari. Ternyata seledri juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Konsumsi bawang putih setiap hari ternyata bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan senyawa alisin dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan dan menghindarkan pembekuan darah. Bawang putih juga bermanfaat untuk menghancurkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita.
Nah, sekarang kita udah tahu kan bagaimana cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa obat-obatan medis. Untuk mencegah dari terserangnya penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada beberapa tips yang perlu kita perhatikan yaitu :
  1. Kurangilah konsumsi makanan yang banyak mengandung garam atau sodium.
  2. Hindarilah kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  3. Jauhkan pikiran atau beban permasalahan yang berat sehingga menyebabkan otak stress.
  4. Konsumsilah menu makanan sehat secara seimbang dan kurangilah makanan instan kemasan.
  5. Banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya serat.
  6. Rajin berolahraga secara teratur.
Baca Juga : Cara Mengendalikan Kolesterol Dalam Tubuh

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan menurunkan penyakit tekanan darah tinggi secara alami. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Darah
0 Komentar untuk "Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami"

Contact Form

Name

Email *

Message *