Terkuaklah Rahasia Manfaat Usus Buntu Yang Selama Ini Terpendam

Terkuaklah Rahasia Manfaat Usus Buntu Yang Selama Ini Terpendam - Sobat tipskesehatan-ku, semoga ga bosen yang sama update artikel kesehatan di blog ini dan ikutin terus postingan artikelnya buat nambah ilmu pengetahuan kita semua. Kalau ga salah kemarin lalu update artikel mengenai cara mengobati sakit kepala tanpa minum obat. Bagaimana kalau kali ini kita membahas tentang manfaat terpendam usus buntu yang selama ini belum kita ketahui. Kebanyakn orang kadang membicarakan tentang sakit usus buntu atau penyakit usus buntu, namun ada kemungkinan belum mengetahui manfaat dari usus buntu itu sendiri. Ada yang menyebut usus buntu sebagai usus sisa dan tidak ada manfaatnya. Namun itu semua salah, Usus buntu ini memiliki manfaat yang sungguh luar biasa kehebatannya.

Ketika ada yang sedang sakit usus buntu, biasanya kita sering banget ngebahas usus buntu ini meskipun belum tau apa kandungan manfaat dari organ usus buntu yang ada dalam diri kita. Usus buntu memang terkesan hanyalah usus sisa dan seolah olah tidak ada gunanya. Namun Allah SWT, Sang Pencipta manusia, bumi alam semesta beserta isinya pastinya menciptakan usus buntu dalam tubuh kita dengan manfaat tertentu. Usus buntu merupakan salah satu organ yang ada dalam jaringan pencernaan. Memang usus buntu ini belum diketahui secara pasti apa fungsinya, berbeda dengan organ lain seperti usus besar, usus kecil dan usus halus yang memiliki manfaat masing-masing. Makanya kalau ada penderita sakit usus buntu, biasanya dilakukan tindakan operasi pengangkatan/pemotongan usus buntu dan hasilnya tidak ada efek samping bagi organ lainnya.

Rahasia manfaat organ usus buntu

Perlu kita ketahui bahwa usus buntu berbentuk menyerupai kantong tipis berukuran 5-10 cm yang berada pada tepat persimpangan usus besar dan usus keci dengan manfaat terpendam bagaikan rahasia alam yang belum kita ketahui. Akan tetapi jika usus buntu ini mengalami peradangan maka akan terasa sangat nyeri, demam dan mual-mual bahkan hingga muntah. Itulah sebabnya radang pada usus buntu atau appendiksitis biasanya diangkat dengan cara di operasi karena dipercaya usus buntu tidak memiliki peran penting bagi tubuh. Salah satu pakar Oklahoma University yaitu Loren G. martin menungkapkan pendapatnya tentang fungsi organ sisa ini, Loren G. Martin mengungkapkan bahwa ketika dalam kandungan usus buntu memiliki peran pada janin yang dikandung.

Ia menjelaskan bahwa ketika usia janin berada pada 11 minggu, didalam usus buntu ada sel-sel endokrin yang teramati. Sel-sel itu menghasilkan beberapa hormon peptida biogenik dan juga hormon amina dan memiliki fungsi ketika mekanisme homeostatik yang berlangsung pada janin.
Sampai tumbuh dewasa, ia percaya bahwa usus buntu masih memiliki peran pada sistem kekebalan pada tubuh, organ ini menjadi tempat berkumpulnya jaringan limfoid ketika bayi lahir sampai usia mencapai 20-30 tahun. Kemudian jaringan tersebut memiliki peran dalam pematangan B-limfosit yang merupakan salahsatu sel darah putih dalam tubuh. Disamping itu, fungsi lainnya dalam produksi salahsatu antibodi yaitu immunoglobulin A (lgA).

Ketika tahun 2007 juga salahsatu penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Duke University Medical Centre mengungkapkan hal baru, seperti yang dikutip dari ABA, (5/5/10), organ usus buntu merupakan tempat bersarangnya bakteri baik yang memiliki fungsi dalam pemulihan keadaan usus setelah terkena serangan penyakit. Ketika dalam keadaan normal, sistem organ pencernaan didalam tubuh manusia didominasi oleh bakteri baik dan memiliki fungsi dalam mengurai makanan. Akan tetapi ketika tubuh terserang disentri atau kolera sebagian besar bakteri tersebut mati. Dan menurut penelitian tersebut mengungkapkan bahwa dalam keadaan tersebut usus buntu berperan bagi populasi bakteri baik, selain digunakan sebagai tempat yang aman ketika pencernaan terserang penyakit, digunakan pula sebagai tempat berkembang biak.

Hingga saat ini berbagai penelitian lain masih dilakukan terkait dengan adanya organ sisa bernama usus buntu yang belum diketahui pasti fungsinya tersebut. Karena jika usus buntu memiliki peran penting bagi tubuh pencegahan terhadap terjadinya peradangan pada usus buntu lebih diutamakan daripada operasi pengangkatan usus buntu. Sekarang sudah mulai ada gambaran kan mengenai manfaat organ usus buntu, meskipun belum banyak yang kita ketahui. Setidaknya ada penjelasan bahwa organ usus buntu ini diciptakan bukan tanpa manfaat, tetapi pasti ada manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Usus Buntu Yang Wajib Kita Waspadai

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat organ usus buntu yang sering dikatakan sebagai organ sisa namun sudah pasti ada rahasia manfaat yang masih belum kita ketahuai. Semoga artikel kesehatan yang menjelaskan manfaat usus buntu berdasarkan penelitian para pakar medis usus buntu ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semuanya. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Terkuaklah Rahasia Manfaat Usus Buntu Yang Selama Ini Terpendam"

Contact Form

Name

Email *

Message *