Cara Mengobati Kuku Cantengan Secara Alami

Cara Mengobati Kuku Cantengan Secara Alami - Sobat tipskesehatan-ku, update artikel terakhir membahas tentang perawatan kulit wajah berminyak. Memang kulit wajah menjadi point penting dalam berpenampilan terutama kaum wanita. Nah, kali ini kita akan beralih membahas tentang cantengan pada kuku baik kaki maupun tangan. Sepertinya penyakit kuku cantengan ini banyak dialami oleh kebanyakan orang, seperti halnya saya sendiri juga pernah mengalami cantengan pada kuku jempol kaki. Memang cantengan ini seringnya menyerang pada kuku jempol kaki. Sebelum membahas lebih lanjut, perlu kita ketahui apakah cantengan itu? Apa penyebab cantengan dan bagaimana pengobatanya secara alami?

cara mengobati kuku cantengan
cara mengobati kuku cantengan

Kita biasa menyebutnya dengan istilah cantengan atau PARONYCHIA dalam dunia kedokteran adalah suatu kondisi kuku bernanah yang disebabkan oleh peradangan dan infeksi kulit yang terjadi pada kuku jempol kaki maupun tangan. Cantengan ini biasanya menimbulkan rasa nyeri dan ditandai kemerah-merahan pada sekelilingnya bahkan sampai bernanah jika sudah parah. Bau tak sedap pun keluar dari kuku jempol yang cantengan tersebut. Jika cantengan sudah bernanah seharusnya mendapat tindakan pengobatan yang intensif untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan penyakit tersebut. Dalam hal pengobatan penyakit cantengan pada kuku bisa dikatakan mudah namun agak sulit juga karena perlu adanya kesabaran dan perhatian khusus pada proses penyembuhan.

Cantengan pada kuku biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu pemotongan kuku yang melampaui batas/terlalu pendek dan pemotongan kuku yang terlalu tajam sehingga mengakibatkan robeknya kulit pada kuku serta akibat gerakan kaki berhenti mendadak ketika olahraga seperti basket, bulutangkis, futsal,dll. Penyebab lain yang biasa menimbulkan kuku cantengan adalah pemakaian sepatu yang terlalu ketat atau kecil dari ukuran normalnya. Hal ini akan mengakibatkan jempol kaki sulit untuk bergerak dengan leluasa, sehingga menimbulkan gejala awal kuku cantengan.

Lalu bagaimana cara mengobati kuku cantengan secara alami? Mengobati kuku cantengan dengan memanfaatkan bahan ramuan alami akan lebih aman bagi kesehatan kita, karena  bebas dari kandungan bahan kimia. Oleh karena itu,Tips Kesehatan-Ku sengaja membahas bagaimana mengobati kuku cantengan dengan menggunakan ramuan alami. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam menjalani pengobatan kuku cantengan secara alami, antara lain :
  1. Rendamlah kaki jari kaki atau tangan yang terkena cantengan dengan air hangat. Jika sudah mulai muncul tanda-tanda cantengan seperti rasa gatal, kemerah-merahan dan mulai sakit pada kuku yang cantengan sebaiknya segeralah lakukan perendaman air hangat ini. Sebelumnya campurkan garam pada air hangat tersebut. Lakukan perendaman kaki atau tangan yang kukunya terkena cantengan selama 10-15 menit secara rutin 2-3 kali sehari.
  2. Mengobati kuku cantengan dengan daun dan batang tempuh wiyah. Daun dan batang tempuh wiyah ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengobati cantengan pada kuku. Caranya cukup mudah saja, campurkan daun, dan batang tempuh wiyah dengan sedikit gula pasir kemudian dihaluskan. Selanjutnya tempelkan ramuan daun batang tempuh wiyah terebut pada kuku jari yang cantengan dan balut dengan menggunakan kain kasa.
  3. Mengobati kuku cantengan dengan jahe. Selain menjadia bahan utama untuk membuat wedang jahe, tenyata bumbu dapur jahe ini bermanfaat juga untuk mengobati cantengn pada kuku. Cara penggunaanya juga cukup mudah, parutlah jahe secukupnya dan oleskan pada kuku jari yang terkena cantengan.
  4. Mengobati kuku cantengan dengan daun pacar kuku. Salah satu manfaat daun pacar kuku sebagai obat penyakit kuku cantengan. Cara penggunaannya yaitu campurkan daun pacar kuku dengan sedikit gula merah dan 1 sendok teh perasan jeruk nipis. Haluskan ramuan tersebut, selanjutnya tempelkan atau kompreskan pada jari/kuku yang cantengan. Balut dengan kain kasa hingga 3-4jam kemudian bersihkan dengan air bersih dan gantilah ramuan yang baru.
  5. Mengobati kuku cantengan dengan bawang merah. Cara penggunaannya yaitu haluskan bawang merah secukupnya dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan ramuan bawang merah tersebut pada jari/kuku yang terkena cantengan dan balutlah dengan kain kasa. Lakukan metode pengobatan ini 2-3 kali sehari selam 3 hari berturut-turut.
Baca juga : Cara Ampuh Merawat Kulit Wajah Berminyak Dan Kusam Secara Alami


Demikianlah beberapa cara ampuh guna mengobati kuku yang terkena cantengan. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan  dan bermanfaat bagi kita semuanya. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Cara Mengobati Kuku Cantengan Secara Alami"

Contact Form

Name

Email *

Message *