Bagaimanakah Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita

Bagaimanakah Cara  Menjaga Kesehatan Jantung Kita - Sobat tipskesehatan-ku, mohon maaf sebelumnya karena kesibukan dunia ofline sehingga baru sempat update artikel kesehatan lagi. Untuk edisi kali ini, kita akan membahas tentang cara menjaga kesehatan jantung. Mengapa kita perlu menjaga kesehatan jantung? Perlu kita ketahui bahwa jantung merupakan organ vital alias sangat penting dalam tubuh manusia. Karena semua sistem atau pergerakan jaringan dalam tubuh dipastikan melibatkan peran penting organ jantung ini. Memang semua orang ingin umur panjang, namun belum tentu menjaga organ jantungnya agar tetap sehat. Kalau ditanya pasti ingin panjang umurnya, tetapi kurang memperhatikan organ jantungya. Bagaimana kalau begitu?

Kesehatan Jantung
Kesehatan Jantung
Jantung tak mungkin sehat dengan sendirinya tanpa adanya perawatan yang benar. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan jantung kita? Tidak mudah untuk memiliki jantung yang sehat, kita harus menjaga dan merawat jantung kita agar tetap dalam kondisi sehat dan normal. Banyak hal yang harus kita lakukan secara rutin dalam proses menjaga kesehatan jantung agar bisa berfungsi secara normal untuk memacu peran kerja organ tubuh yang lainnya. Organ jantung tidak pernah berhenti bekerja, meskipun kita dalam kondisi tidur sekalipun. Sungguh pekerjaan yang sangat berat bagi organ jantung kita ini.

Oleh karena itu, marilah kita langsung menuju inti dari cara menjaga kesehatan jantung agar tetap kondisi normal. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan guna menjaga kesehatan jantung, antara lain :
  1. Olahraga secara rutin minimal seminggu sekali. Tidak perlu olahraga yang sulit ataupun mahal, karena lari pagi, jalan santai dan senam kesegaran biasa sudah cukup jika bisa kita lakukan secara rutin. Minimal setiap minggu pagi, lakukan olahraga rutin untuk menjaga jantung agar tetap sehat.
  2. Mulailah menjaga asupan makanan sehat. Konsumsilah makanan yang memiliki kadar rendah kolesterol, rendah lemak dan rendah garam agar kesehatan jantung terjaga dengan baik. Konsumsilah buah-buahan segar dan sayuran yang banyak mengandung vitamin seperti bayam, kemangi, alpukat dan kacang-kacangan. Daun kemangi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita.
  3. Mulailah berhenti merokok dan hindari kebiasaan merokok. Merokok dapat merusak jaringan pembuluh darah dan jantung.
  4. Periksalah kondisi kesehatan secara rutin ke klinik atau rumah sakit terdekat. Hal ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan tubuh kita dan melakukan tindakan perawatan jika ada yang tidak normal dalam tubuh.
  5. Berhentilah kebiasaan minum minuman bersoda dan beralkohol. Minuman yang mengandung alkohol dan soda tersebut dapat merusak organ jantung.
  6. Biasakan istirahat dan tidur malam yang berkualitas. Kurang tidur pada malam hari bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan memiliki resiko 2 kali lipat kemungkinan terkena penyakit serangan jantung. Tidur malam kira-kira 8 jam pada umumnya, namun orang tertentu bisa lebih dari 8 jam. Perlu kita ketahui bahwa tidur adalah saat dimana tubuh memulihkan kondisi dirinya sendiri. Orang yang tidurnya cukup dan berkualitas berat badanya akan lebih terkontrol sehingga memiliki kondisi kesehatan yang baik.
Demikianlah sekilas artikel yang membahas tentang cara menjaga kesehatan jantung. Mulai dari sekarang, marilah kita menjaga kesehatan dengan baik terutama pada organ jantung yang sangat vital. Semoga artikel kesehatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat untuk kita semua. jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan tentang cara menjaga kesehatan jantung ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Bagaimanakah Cara Menjaga Kesehatan Jantung Kita"

Contact Form

Name

Email *

Message *