Gejala Penyakit HIV AIDS Pada Pria Maupun Wanita

Gejala Penyakit HIV AIDS Pada Pria Maupun Wanita - Sobat Tipskesehatan-ku, hingga saat ini telah banyak korban penyakit berbahaya HIV di Indonesia. Mungkin ada yang belum tahu apa itu HIV AIDS? Bagaimana ciri ciri atau gejala HIV AIDS? Karena penyakit ini sangat berbahaya, maka kita perlu mengetahui gejala awalnya guna melakukan tindakan pencegahan atau pengobatan yang intensif. Itulah yang menjadi dasar, kenapa Tipskesehatan-ku kali ini ingin membahas tentang gejala awal penyakit HIV.

Penyakit HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan suatu virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang bersifat menular. Penyakit ini ditandai dengan supresi yang mencolok pada imunitas yang dimediasi sel-T berbagai infeksi opurtunistik, neoplasma sekunder dan penyakit neurologi. Penderita penyakit berbahaya ini kebanyakan berakhir dengan kematian, karena hingga sekarang belum ada obat yang benar benar mampu menyembuhkanya.

Penyakit HIV AIDS
Penyakit HIV AIDS

Ada beberapa macam cara penularan penyakit HIV ini, antara lain :
  1. Hubungan seks yang tidak menggunakan alat pengaman (kondom).
  2. Penggunaan jarum suntik yang bergantian dengan penderita hiv aids.
  3. Transfusi darah dengan orang yang posistif mengidap hiv aids.
  4. Ibu hamil yang terkena hiv aids, maka bayi yang dilahirkan nantinya juga akan terkena penyakit tersebut.
Seseorang yang positif terkena HIV kebanyakan tidak menyadari jika terserang penyakit tersebut. Namun demikian, infeksi virus HIV pada sistem imun tubuh juga bisa kita sadari dari awal. Biasanya ciri ciri atau gejala penyakit hiv akan terlihat sekitar 5-10 tahun setelah terserang virus mematikan ini. Adapun ciri ciri atau gejala awal penderita HIV, antara lain :
  1. Demam yang cukup tinggi mencapai 38 derajat celcius.
  2. Pembengkakan kalenjar getah bening sehingga menyebabkan rasa nyeri pada tenggorokan.
  3. Penderita merasa cepat lelah
  4. Munculnya ruam pada kulit penderita, kadang berbentuk seperti bisul yang tak kunjung sembuh.
  5. Rasa mual yang disertai muntah karena sistem imun yang sudah menurun sehingga mudah terserang virus.
  6. Diare yang berkepanjangan.
  7. Batuk kering yang tak kunjung sembuh meskipun sudah minum obat batuk hingga anti alergi.
  8. Penurunan berat badan secara drastis hingga mencapai 10-20% dari berat badan sebenarnya.
  9. Pneumonia dan Toksoplasmosis. Pneumonia merupakan infeksi pada paru paru yang dsebabkan oleh jamur. Sedangkan Toksoplasmosis merupakan sejenis parasit yang menyerang otak. Keduanya disebabkan karena sistem imun tubuh yang menurun.
  10. Keringat pada malam hari. Kebanyakan penderita penyakit HIV mengalami keringat yang banyak yang tidak disebabkan karena aktifitas yang berlebihan maupun suhu panas ruangan. Bahkan terlalu banyak keringat yang keluar hingga membasahi pakaian dan alas tidur.
  11. Herpes mulut dan alat kelamin. Kedua penyakit ini merupakan gejala ARS pada infeksi HIV stadium akhir.
Demikianlah artikel tentang gejala penderita terkena penyakit HIV AIDS yang bisa tipskesehatan-ku sampaikan. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kita semuanya. Marilah kita menjaga kesehatan dengan sebaik baiknya, karena kesehatan itu sangatlah penting dan mahal harganya. Pantau kondisi kesehatan melalui konsultasi atau medical check up di klinik maupun rumah sakit. Jika berkenan, silakan share artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Gejala Penyakit HIV AIDS Pada Pria Maupun Wanita"

Contact Form

Name

Email *

Message *