Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

Bagaimana menjaga kesehatan jantung secara alami? Sobat tipskesehatan-ku, artikel kesehatan kali ini akan membahas tentang menjaga kesehatan jantung secara alami. Yup, karena jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh kita makanya harus benar-benar dijaga kesehatanya. Jantung mempunyai peranan penting dalam tubuh kita. Jantung berperan mengatur peredaran darah dalam tubuh. Maka sayangilah jantung kita, rawatlah kesehatan jantung kita karena jika jantung sudah melemah atau mempunyai masalah, sudah pasti akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Kinerja organ tubuh yang lain pasti akan terganggu karena pentingnya peredaran darah yang lancar dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung
Menjaga kesehatan jantung

Begitu pentingnya menjaga kesehatan jantung, haruslah kita biasakan sejak dini untuk menjaga kesehatan jantung secara alami. Jantung sehat secara alami merupakan dambaan setiap orang, karena akan terbebas dari obat obatan yang mengandung bahan kimia.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kita lakukan guna menjaga kesehatan jantung kita secara alami, antara lain :
  1. Jaga pola makan sehat. Dalam keseharian nya kita harus menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. Karena tingginya kadar lemak dalam makanan tersebut akan berpotensi memacu datangnya masalah pada jantung kita. Kadar lemak yang tinggi akan mengganggu jalur pembuluh darah menuju jantung sehingga peredaran darah juga akan terganggu. Lemak jenuh ini juga akan memacu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Adapun beberapa makanan yang mengandung kadar lemak berlebihan antara lain : bebek goreng, gorengan, dll ( makanan yang banyak mengandung minyak ).
  2. Menjaga berat badan ideal. Hal ini sangat berhubungan dengan makanan mengandung banyak lemak. Biasanya jika kita sering mengkonsumsi makanan banyak lemak, resikonya berat badan akan naik namun secara tidak sehat. Naiknya berat badan karena menumpuknya kadar lemak dalam tubuh tentunya sangat mengganggu kinerja organ jantung kita. Jika kondisi ini dibiarkan saja, semakin lama akan memacu penyakit jantung dalam tingkat yang berbahaya. Oleh karena itu, kita harus menjaga berat badan kita dalam kondisi normal dengan kadar lemak yang cukup.
  3. Olahraga secara cukup dan teratur. Aktivitas olahraga ini jika kita lakukan secara teratur dan rutin akan sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan jantung secara alami. Olahraga ringan yang mudah kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung antara lain : lari pagi (minimal seminggu 1 kali), perbanyak jalan santai/jalan cepat dan bersepeda. Olahraga ini sangat mudah kita lakukan dan terlihat sepele, namun jika tidak kita biasakan akan terasa berat rasanya. Dan ternyata olahraga kecil ini sangat bagus juga bagi organ lain dalam tubuh kita, sehingga kita akan terasa sehat bugar.
  4. Perbanyak minum air putih. Salah satu kebiasaan yang ringan tapi mngkin jarang kita lakukan. Karena tingkat kesibukan aktifitas keseharian kita, hanya minu air putih yang cukup saja kadang tidak terpenuhi. Dalam tubuh kita, memerlukan suplay air putih mineral rata rata 8 gelas sehari. Untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ jantung, marilah kita biasakan minum air putih 8 gelas tiap hari.
  5. Jangan merokok atau jauhi rokok. Sebenarnya konsumsi rokok atau perilaku merokok ini tidak ada untungnya bagi tubuh kita. Malah sebaliknya, konsumsi rokok sama saja meracuni bahkan membunuh diri sendiri secara perlahan. Karena rokok ini akan menimbulkan berbagai macam munculnya penyakit dalam tubuh kita. Sebagian orang mungkin menganggap dengan rokok, mereka akan sedikit bisa rileks atau melegakan/melupakan dari berbagai masalah. Tapi itu semua ternyata salah, sebenarnya merokoklah yang akan menambah masalah baru dalam diri kita. Dalam kemasan rokok juga sudah jelas, bahwa merokok ini sangat mengganggu kesehatan tubuh kita. Marilah kita biasakan untuk tidak merokok dan bagi yang sudah terlanjur merokok, marilah perlahan berhenti dari kebiasaan merokok ini.
  6. Pebanyak senyum sehat jantung sehat. Idealnya dengan aktifitas sederhana dan mudah kita lakukan adalah senyum, ternyata mempunyai pengaruh dalam menjaga kesehatan jantung secara alami. Tapi ingatlah, hendaknya dijaga juga senyumnya sesuai porsinya, situasinya dan tidak boleh sembarang tempat. Aktifitas senyum ini akan memperlancar jaringan pembuluh darah dalam tubuh sehingga peredaran darah akan lancar.
Demikianlah artikel kesehatan tentang menjaga kesehatan jantung secara alami. Berharap semoga artikel yang ada dalam blog tipskesehatan-ku ini bermanfaat buat teman teman pembaca semuanya. Jika artikel kesehatan ini bermanfat, silahkan share/bagikan juga kepada teman teman yang lain melalui sosial media seperti facebook, twitter, dll dengan menyertakan sumber artikel blog ini. Marilah kita sama sama menjaga kesehatan tubuh kita.

Labels: Jantung
0 Komentar untuk "Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami"

Contact Form

Name

Email *

Message *