Inilah Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Inilah Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya - Memiliki perut buncit akan menyebabkan keminderan bagi seseorang. Perut buncit akan mengurangi kecakapan penampilan seseorang. Lantas bagaimana mengurangi kondisi perut buncit? Dalam bahasa kedokteran perut buncit disebut sebagai obesitas perut atau obesitas sentral. Ini terjadi karena tumpukan lemak di perut. Adapun macam dari tumpukan lemak tersebut adalah, lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan ini berada tepat di bawah lapisan kulit, sehingga ketika kulit dicubit akan terlihat jelas. Sedangkan lemak viseral adalah lemak yang menempel pada atau sekitar organ dalam tubuh dan tidak terlihat. Lemak ini lah yang biasanya penyebab pembuncitan pada perut. Lemak ini sulit dihilangkan dan resikonya akan menumbuhkan berbagai penyakit.

Penyebab umum perut buncit

Perut buncit biasanya terjadi karena disebabkan asupan makanan yang melebihi kalori atau energi yang diperlukan tubuh dalam perharinya. Ditambah dengan kurangnya aktivitas, gerak tubuh utamanya olahraga yang dapat menyebabkan penumpukan lemak hingga menyebabkan perut buncit. Selain itu riwayat keturunan obesitas dari keluarga juga mempengaruhi, pola hidup tidak sehat merokok dan minum minuman berakohol menambah daftar penyebab obesitas perut. Kondisi ini lah yang sangat membahayakan tubuh. Anda perlu mengetahui ukuran lingkar pinggang untuk menentukan apakah perut buncit Anda termasuk berbahaya atau tidak. Umumnya lingkar pinggang yang normal adalah tidak lebih dari 90 cm bagi laki-laki dan 80 cm bagi perempuan.

Inilah Bahaya Perut Buncit

Jika lingkar pinggang melebihi ukuran normalnya, maka harus diwaspadai karena kemungkinan resiko yang ada dapat menganggu kesehatan tubuh. Lemak viseral penyebab perut buncit dapat menyebabkan peradangan pada organ dalam tubuh oleh senyawa peradangan yang disebut sitokin dan membentuk horman tak dikenali tubuh yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Kondisi ini juga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Adapun resiko lainnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes, kelumpuhan atau stroke, hingga paling fatal adalah serangan jantung tiba-tiba. Penyebabnya tak lain lemak yang menumpuk memicu perubahan hormon sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah atau yang disebut angiotensin.

Lalu bagaimana cara mengecilkan perut buncit?

Karena penyebab utama perut buncit adalah lemak viseral tak terlihat yang menumpuk, solusinya adalah dengan banyak bergerak dan jagalah asupan kalori sesuai dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Bukan perkara mudah untuk mengecilkan perut buncit, terutama yang kelebihan, namun tidak ada salahnya selagi ingin mencoba.

Berikut tips yang dapat dicoba untuk mengecilkan perut buncit:
  • Atur pola hidup sehat Anda mulai dari sekarang. Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Minuman berakohol memiliki senyawa-senyawa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Senyawa yang terkandung dalam minuman berakohol tidak mudah diserap tubuh sehingga dapat menyebabkan perut buncit.
  • Hindarkan diri dari keadaan stres. Seringlah menenangkan pikiran Anda melalui meditasi, relaksasi, rekreasi maupun bermain. Kondisi stres dapat memicu perut buncit.
  • Istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya tidur selama 6-7 jam sehari. Tidur yang cukup akan membantu mengecilkan lemak pada perut karena lemak jaringan pada tubuh dapat berkurang.
  • Perhatikan pola makan dan asupan kalori untuk tubuh. Kurangi asupan kalori dalam tubuh. Dalam sehari tubuh membutuhkan asupan kalori sebanyak 1500 kalori, namun untuk mengecilkan perut cukup memberi  asupan kalori sebanyak 500-1000 saja. Kurangi makanan mengandung karbohidrat dan kadar gula tinggi, gantilah menu Anda dengan sayuran, buah, susu rendah lemak, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.
  • Perbanyak aktivitas gerak dan rutin berolahraga.
Baca Juga : Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengobatinya

Demikian yang perlu Anda ketahui mengenai perut buncit. Apa resiko yang disebabkan hingga cara untuk mengatasinya. Mulailah untuk menjalani pola hidup sehat. Kesehatan Anda, Anda sendiri yang menentukan. Semoga artikel kesehatan tentang bahaya perut buncit dan cara mengatasinya bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel kesehatan terbaru ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel blog ini.

Labels: Kecantikan, Perut
0 Komentar untuk "Inilah Bahaya Perut Buncit dan Cara Mengatasinya"

Contact Form

Name

Email *

Message *