Cara Ampuh Mengobati Luka Bakar

Cara Ampuh Mengobati Luka Bakar - Sobat Tipskesehatan-ku, Bagaimana kabar sobat semuanya? Moga ajah kita semua masih dalam karunia rahmat, hidayah dan lindungan Allah SWT. Sobat Tipskesehatan-ku, pernahkah memiliki luka bakar? Tentu sangat mengganggu aktivitas Anda bukan? Ketika memiliki luka bakar di bagian tubuh tentu kita akan sulit beraktivitas dan tidka bebas untuk melakukan gerakan. Di samping itu, rasa sakit yang ditawarkannya pun juga sangat menyiksa. Apalagi nantinya bekas luka bakar yang dihasilkan pun juga sangat mengganggu dan bahkan menjadi bekas luka yang permanen. Alhasil kita menjadi kurang percaya diri dengan bekas luka bakar tersebut.

cara ampuh mengobati luka bakar



Tentu saja semua orang tidak menginginkan luka bakar menyerang kita. Kita sudah berhati-hati namun tetap saja kecerobohan menghampiri. Banyak  penyebab munculnya luka bakar bisa karena terkena minyak panas, knalpot, air panas, atau pun bahan-bahan kimia. Nah keseluruhannya tersebut akan sangat gawat jika tidak segera ditangani dengan baik. Kulit akan menjadi melepuh, mengelupas serta meninggalkan bekas luka yang sangat sulit untuk ditangani. Pertolongan pertama bisa segera dilakukan guna mengobati luka bakar ringan. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan supaya kerusakan kulit yang terjadi tidak kian bertambah.

Nah berikut beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan ketika kulit terkenal luka bakar :
1. Menghentikan proses terbakar secepat mungkin
2. Mendinginkan luka dengan air biasa selama 20-30 menit dan jangan sampai menggunakan air es atau pun air dingin.
3. Segera menyingkirkan pakaian atau pun akeseoris yang dikenakan di bagian yang menutupi luka bakar
4. Menutup luka bakar dan menyingkirkan pakaian dengan plastic bening yang bersih atau pun menggunakan perban
5. Mengonsumsi obat pereda sakit seperti paracetamol
6. Menjauhkan luka bakar dari paparan sinar matahari langsung

Penting untuk diperhatikan bahwasanya jika terjadi pelepuhan pada luka bakar, hindari upaya untuk memecahnya sendiri karena sangat berisiko luka akan terjadi infeksi. Maka dari itu berikan upaya penanganan secepat mungkin sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap luka bakar yang kita alami. Menangani luka bakar memang tak selalu  dengan mengunjungi rumah sakit. Cara Mengobati Luka Bakar kita bisa menggunakan bahan-bahan alami dan mengobatinya di rumah.

Cara Mengobati Luka Bakar yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Sudah banyak orang yang memanfaatkan khasiat madu ini untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki banyak zat antiseptik dan mampu meminimalisir rasa terbakar pada luka untuk beberapa hari. Cara pengaplikasiannya pun snagtalah mudah. Kita oleskan madu tersebut pada bagian luka bakar kemudian dibiarkan beberapa saat supaya madu meresap pada kulit.

Selain madu, bahan sekitar kita yang biasanya digunakan sebagai penyubur rambut, yaitu lidah buaya juga bis akita manfaatkan. Caranya pun snagat mudah seperti halnya menggunakan madu. Lidah buaya yang telah dipotong kemudian dioleskan pada bekas luka dan cara ini sebaiknya dilakukan berulang kali secara telaten.

Baca Juga : Cara Mengobati Jerawat Yang Meradang Dan Gatal-Gatal Secara Alami


Selain madu dan lidah buaya, ada satu bahan yang mungkin tak sedikit orang mengetahuinya. Bahan yang dimaksud tersebut adalah kulit pisang. Seringkali kita menyepelekan hadirnya kulit buah yang satu ini. Kita merasa kulit tersebut tidak ada gunanya. Nah mulai dari sekarang manfaatkan kulit pisang tersebut untuk mengobati luka bakar. Cukup ambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian usapkan lembut di bagian luka bakar. Usahakan ketika mengoleskan kulit pisang tersebut sampai kulit itu berwarna hitam supaya zat yang terkandung di dalamnya bisa terpakai secara maksimal. Cara Mengobati Luka Bakar yang satu ini memang snagatlah unik. Namun, khaisat yang diberikan sangat luar biasa untuk mengobati luka bakar dengan bahan yang mudah kita dapatkan dilingkungan sekitar.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan guna mengobati luka bakar tanpa menggunakan obat obatan dan peralatan medis. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel kesehatan tentang cara mengatasi luka bakar ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Cara Ampuh Mengobati Luka Bakar"

Contact Form

Name

Email *

Message *