Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami - Sobat tipskesehatan-ku, terimakasih banyak sudah setia menantikan bahasan artikel kesehatan terbaru dalam blog kesehatan ini. Pada edisi lalu, sudah kita bahas mengenai tips mengatasi rasa mual bagi ibu hamil. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang gigi berlubang yaitu cara mengobati sakit gigi berlubang. Ada sebuah syair lagu bahwa lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, entah itu ada benarnya atau tidak. Bagi saya yang terbaik adalah tidak sakit gigi dan tidak pula sakit hati.

Mungkin kebanyakan orang tidak terlepas dari masalah gigi berlubang, hanya saja ada yang segera mengobatinya dengan melakukan pengobatan medis dan ada juga yang dibiarkan begitu saja. Gigi berlubang seringkali menimbulkan rasa sakit jika terkena makanan apalagi bersifat manis. Sebenarnya banyak hal yang menyebabkan gigi berlubang ini. Gigi berlubang biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan manis yang berlebihan secara terus menerus dan kurang bersih dalam menggosok gigi sehingga masih ada sebagian yang belum bersih giginya.

obat sakit gigi berlubang


Sobat tipskesehatan-ku, perlu kita ketahui bahwa sakit gigi berlubang ini rasanya sungguh sakitnya luar biasa  ketika sedang kambuh dan mungkin juga sudah banyak yang merasakan hal ini. Oleh karena itu, sebaiknya kita merawat dan membersihkan gigi sebaik mungkin dari kotoran sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi. Bagi yang tidak terbiasa melakukan pemeriksaan sakit gigi berlubang ke dokter, ada alternatif lain untuk mengobati sakit gigi berlubang. Kita bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal alami guna mengobati sakit gigi berlubang.

Ada beberapa cara untuk mengobati sakit gigi berlubang secara alami, antara lain :
  •  Mengobati sakit gigi berlubang dengan jeruk nipis. Ternyata jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang secara alami. Caranya mudah saja : teteskan perasan air jeruk nipis ke gigi yang berlubang. Memang rasanya perih, tapi sakit gigi berlubang juga cepet sembuhnya. Kandungan vitamin C pada air jeruk nipis ini bermanfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang.
  • Mengobati sakit gigi berlubang dengan minyak cengkeh. Kandungan anti inflamasi, antioksidan, anti bakteri dalam cengkeh yang bersifat anestesi dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang dengan membunuh bakteri yang ada didalam gigi tersebut. Caranya juga mudah : teteskan minyak cengkeh pada kapas hingga basah dan tempelkan pada gigi berlubang. Kita juga bisa menjadikan obat kumur dengan tetesan minyak cengkeh dicampur dengan air putih.
  • Mengobati sakit gigi berlubang dengan air garam. Garam yang mengandung zat iodium sangat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi berlubang. Campurkan sedikit garam dengan air hangat, kemudian jadikan air garam tersebut sebagai obat kumur beberapa kali hingga sakit gigi berangsur-angsur sembuh.
  • Mengobati sakit gigi berlubang dengan lada. Bumbu masak yang satu ini ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Caranya : Ambil lada dan garam dapur campur menjadi satu dan tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Selanjutnya oleskan ramuan tersebut pada gigi berlubang dan biarkan beberapa menit kemudian berkumur dengan air bersih. Lakukan cara yang sama beberapa kali hingga rasa sakit gigi menghilang.
  • Mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang merah. Bawang merah mengandung zat anti mikroba dan antiseptic yang dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Caranya : ambil 1 buah bawang merah dikupas kulitnya dan kemudian dikunyah secara otomatis air bawang merah akan mengenai gigi yang sakit. Bisa juga dengan mengoleskan bawang merah yang sudah dihaluskan pada gigi berlubang.
  • Mengobati sakit gigi berlubang dengan bawang putih. Selain bawang merah, kandungan antibiotic pada bawang putih juga bisa menyembuhkan sakit gigi berlubang. Caranya : haluskan 1 bawang putih dicampur sedikit garam dan oleskan pada gigi yang berlubang secara rutin hingga sakit gigi berlubang terobati.
Baca Juga : Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Demikianlah beberapa cara alami guna mengobati sakit gigi berlubang. Ternyata kita bisa memanfaatkan beberapa macam bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam, jeruk nipis, minyak cengkeh dan lain lain. Semoga artikel kesehatan tentang cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semuanya. Jika berkenan, silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

2 Komentar untuk "Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami"

kalau saya dulu pernah menggunakan minyak cengkeh dan hasilnya cukup bagus..alhamdulillah sakit giginya sembuh.

Contact Form

Name

Email *

Message *