Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami - Hallo sobat Tipskesehatan-Ku, Apa kabar? Semoga semua teman-teman, sahabat dan keluarga tetap dalam kondisi sehat. Namun tak ada salahnya kita ngomongin masalah kesehatan yah? hehehe..Pada edisi lalu kita udah membahas mengenai bagaimana cara merawat kehamilan pada trisemseter ke-2, akan tetapi untuk trisemseter ke-3 nya nanti dulu yah. Edisi kali ini kita akan membahas mengenai penyebab radang tenggorokan, pengobatan radang tenggorokan dan pencegahannya. Berbicara mengenai radang tenggorokan ini, mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalaminya. Sudah pasti radang tenggorokan itu rasanya sesuatu banget yah...!! Huft, sangat menggangu aktifitas rutin sehari-hari kita.

Obat Alami Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan sebenarnya merupakan suatu kondisi peradangan pada pita suara yang disebabkan oleh berlebihannya beban kerja pada pita suara. Radang tenggorokan biasa terjadi karena kita sering berteriak, berbicara seharian penuh, bernyanyi atau juga karena terlalu banyak makan makanan pedas dan manis. Awal gejala radang tenggorokan biasa ditandai dengan suara serak atau melemah, bahkan pada kondisi tertentu kadang tidak bisa berbicara sama sekali. Selain itu bisa juga ditandai dengan sakit tenggorokan dan batuk kering melanda.

Berikut ini gejala awal yang biasa dialami oleh penderita radang tenggorokan, antara lain :
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna lebih merah dari biasanya
  • Bintik - bintik merah kecil di belakang atap mulut
  • Agak susah untuk menelan makanan
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada leher
  • Sakit kepala, demam dan terasa lelah
Kalau kita mengalami tanda-tanda seperti diatas, ada kemungkinan sedang terkena radang tenggorokan. Namun tak usah khawatir, kita masih bisa menemukan cara untuk mengobati radang tenggorokan dengan cara alami dan hemat biaya pengobatan. Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan yang dimaksud?

Tips dan cara mudah mengobati radang tenggorokan secara alami, antara lain :
  1. Minum Teh Hangat. Kita bisa mengurangi rasa sakit pada radang tenggorokan dengan minum teh hangat buatan sendiri. Jika ingin lebih manjur, kita bisa menggunakan teh Chamomile. Teh dari jenis Chamomile ini bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, kita juga bisa menambahkan sedikit madu dalam teh chamomile tersebut. Tentunya akan lebih nikmat dan mantabs.
  2. Minum Teh Jahe. Minum teh dicampur jahe tentunya lebih mantabs. Jahe memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dan mengeluarkan lendir-lendir dalam sistem pernafasan. Cara membuatnya mudah saja : Potong 1 inch jahe yang telah dimemarkan kemudian rebus sekitar 3 menit dan campurkan jahe tersebut dengan teh yang sudah disiapkan sebelumnya. Mantabs bukan rasanya?
  3. Minum madu dan lemon. Air hangat yang dicampur madu dan lemon sangat bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan kita. Lemon bermanfaat untuk mengencerkan lendir-lendir dalam area sistem pernafasan. Ramuan ini akan lebih bagus lagi jika ditambahkan dengan jahe. Cara membuatnya mudah saja : campurkan 1 sendok madu dan lemon kedalam segelas air hangat. Bisa juga ditambahkan jahe yang sudah dimemarkan dari direbus (3 menit) jika menginginkannya.
  4. Makan bawang putih. Bagi yang tidak suka makan bawang putih pasti cara ini terlihat aneh. hehehe. Memang bawang putih terlihat aneh jika dimakan mentah. Selain rasanya aneh juga menimbulkan bau mulut tak sedap. Siapa sangka bahwa bawang putih bisa kita gunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Kandungan senyawa Allicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang dan melawan kuman yang menyebabkan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Cara membuatnya mudah saja : iris bawang putih secukupnya. Kemudian gigit dan hisap sari-sari yang keluar dari bawang putih tersebut sekali dalam satu hari.
Baca Juga : Tips Mengobati Batuk Pilek Secara Alami


Demikianlah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati radang tenggorokan. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua. Jika berkenan, Silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami"

Contact Form

Name

Email *

Message *