Cara Mencegah dan Mengatasi Kram Otot

Cara Mencegah dan Mengatasi Kram Otot - Sobat blog kesehatan Tipskesehatan-ku, Apa kabar sobat tipskesehatan-ku semuanya? Semoga kita semua dalam keadaan baik-baik saja terutama dalam hal kesehatan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kram otot. Ya, kram pada otot, mungkin diantara kita pernah mengalami kram pada otot kaki. Bagaimanakah rasanya jika otot pada kaki terkena kram? Bagaimana cara mencegah dan mengatasi kram pada otot kaki?

Kram merupakan suatu keadaan kejang pada otot-otot yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Pada umumnya kram otot terjadi ketika kita sedang tidur atau melakukan aktifitas fisik yang berat tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu. Salah satu contohnya ketika berolahraga seperti sepak bola, futsal, volly, badminton,dll tanpa diawali dengan pemanasan terlebih dahuly. Hal tersebut mengakibatkan tubuh kita akan kehilangan kandungan garam dan cairan yang keluar lewat keringat. Kondisi tubuh yang kekurangan garam dan cairan tersebut menyebabkan terjadinya kram otot pada kaki, betis ataupun lutut. Kram biasanya bisa disembuhkan dengan meregangkan dan memijat otot pada sekitar area yang terkena kram tersebut.

Mengatasi Penyakit Kram Otot

Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang terkena kram otot, antara lain :
  • Kram pada kaki. Korban dibantu berdiri dan berat badan ditahan dengan kaki pada bagian depannya. Setelah kejang pertama berlalu kemudian dipijat kakinya.
  • Kram pada betis. Luruskan lutut korban kemudian kaki ditekan dengan kuat keatas mengarah ke tulang kering. Selanjutnya pijatlah area otot yang terkena kram tersebut. 
  • Kram pada paha bagian belakang. Jika korban terkena kram pada paha bagian belakang, maka lutut korban diluruskan dan angkat bagian kakinya. sedangkan untuk paha depan, lututnya yang ditekuk selanjutnya lakukan pemijitan pada otot-otot kedua paha tersebut.
Adapun cara yang paling mudah untuk mengatasi kram adalah mengoleskan salep khusu pereda nyeri otot pada bagian yang terkena kram. Selain itu, kita juga bisa menggunakan obat-obatan atau salep pemanas seperti balsem, koyo yang sangat berguna untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah tidak terganggu karena kekejangan otot yang terkena kram.

Agar terhindar dari kram otot yang mungkin menyerang kita saat melakukan aktifitas fisik yang berat, maka perlu kita ketahui beberapa cara guna mencegah terjadinya kram otot, antara lain :
  1. Mandi atau berendamlah pada bagian yang tereksplorasi ketika melakukan aktifitas fsik seharian dengan air hangat setiap kali sebelum tidur untuk mengendorkan otot yang tegang.
  2. Lakukan perenggangan atau pendinginan sebelum tidur tapi hindari penegangan / meluruskan ujung jari kaki saat peregangan atau sebelum tidur dan usahakan kaki tetap hangat ketika tidur.
  3. Lakukan pemanasan sebelum melakukan aktifitas atau olahraga fisik berat lainnya. Hindari melakukan aktifitas berat tanpa adanya pemansan terlebih dahulu.
  4. Perbanyak minum air putih kira-kira 8 gelas atau 2 liter sehari. Tak lupa minum segelas air setelah berolahraga dan beraktifitas berat lainnya.
  5. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung kalsium, potasium dan magnesium. Buah pisang bermanfaat sebagai penambah kandungan potasiunm pada hasil lab RS. Mitra Keluarga Cikarang. Konsumsilah vitamin B dan E karena otot kita sangat memerlukan vvitsmin-vitsmin Esensial ini untuk memperbaiki dang membangun kembali.
Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult Untuk Mengatasi Sembelit?

Demikianlah beberapa penjelasan/mengenai cara mengcegah dan mengatasi kram otot. Semoga artikel kesehatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan ada manfaatnya bagi kehidupan kita semua. Jika berkenan silakan share atau bagikan artikel kesehatan ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

0 Komentar untuk "Cara Mencegah dan Mengatasi Kram Otot"

Contact Form

Name

Email *

Message *