Gejala Awal Kanker Darah Atau Leukimia Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Awal Kanker Darah Atau Leukimia Yang Perlu Diwaspadai - Sobat tipskesehatan-ku, masih setia kan menunggu update artikel dalam blog kesehatan ini. Pada edisi kemarin lalu kita bahas tentang cara mengobati kanker kulit. Kali ini masih seputar penyakit kanker, kita akan membahas mengenai gejala awal kanker darah atau yang sering disebut Leukimia. Akan tetapi perlu kita ketahui apakah penyakit leukimia atau kanker darah itu?

Kanker darah atau leukimia merupakan kanker yang menyerang sel pembentuk sel darah dalam sumsum tulang. Memang pada kondisi kesehatan normal, sel darah putih akan berkembang teratur ketika tubuh sedang membutuhkannya guna memberantas infeksi yang menyerang tubuh. Namun beda halnya pada penderita leukimia, sumsum tulang memproduksi sel darah putih secara berlebihan dan tidak beraturan sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Penumpukan sel darah putih pada sumsum tulang mengakibatkan sel darah sehat menjadi berkurang sehingga akan mengganggu kesehatan tubuh. Ciri-ciri atau gejala awal kanker darah ini memang agak sulit kita kenali karena tidak ada tanda-tanda yang jelas, namun perlu kita ketahui karena penyakit kanker darah atau leukimia ini sangat berbahaya jika sudah masuk stadium akhir.

pengobatan kanker darah leukimia

Dengan deteksi sejak dini dan pengobatan awal terhadap penyakit kanker darah mampu menghambat berkembangnya kanker daha tersebut, sehingga akan meningkatkan harapan hidup pada penderita. Memang penyakit kanker darah atau lukimia ini jarang ditemui dalam kehidupan masyarakat, namun kanker darah ini membuat kondisi kesehatan penderita memburuk dengan cepat, bahkan dalam hitungan hari atau minggu.
Perlu kita ketahui bahwa leukimia yang sering terjadi terbagi menjadi 4 jenis, yaitu :
  1. Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL). Leukemia limfotik akut dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yang serius. Kanker darah ini umumnya diidap oleh anak-anak, tapi juga mungkin menyerang dewasa.
  2. Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML). Leukemia mielogen akut ini adalah jenis kanker darah yang umumnya menyerang dewasa. Tetapi AML juga dapat diidap oleh anak-anak serta remaja. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.
  3. Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL). Jenis kanker darah Leukemia limfotik kronis ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL umumnya baru terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yang lama.
  4.  Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML). Jenis kanker darah Leukemia mielogen kronis ini umumnya diderita oleh dewasa. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan-lahan. Lalu saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga kondisi pasien akan menurun secara drastis.
Hingga saat ini, mengenai penyebab dasar kanker darah atau leukimia ini memang belum diketahui secara pasti, akan tetapi ada beberapa faktor yang memicu munculnya kanker darah ini, antara lain :
  • Keturunan. Jika ada salah satu anggota keluarga yang terkena leukimia, maka yang lainnya juga akan beresiko terkena penyakit leukimia ini.
  • Kelainan genetik, seperti sindro dowm
  • Pernah mengalami pengobatan kanker melalui kemoterapi atau radioterapi juga ada kemungkinan memicu kanker darah.
  • Pengaruh kelainan darah pada penderita
  • Pernah mengalami pajanan terhadap reaksi radiasi tingkat tinggi atau zat kimia tertentu, misalnya terkena kecelakaan dalam reaktor nuklir atau pajanan zat kimia benzena.
  • Merokok. Seperti tulisan pada kemasannya, bahwa merokok dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker,salah satunya kanker darah.
Sedangkan gejala awal kanker darah atau leukimia ini berbeda-beda pada setiap penderita. Tanda-tanda penyakit leukimia ini sulit kita kenali karena mirip dengan gejala awal penyakit lain seperti flu. Sebaiknya kita waspada akan gejala umum pada tubuh yang tak kunjung sembuh, antara lain :
  • Tubuh dalam kondisi lemas atau lelah yang berkelanjutan
  • Demam hingga menggigil
  • Sakit kepala
  • Muntah-muntah
  • Keringat berlebihan pada malam hari
  • Rasa nyeri pada sendi atau tulang
  • Penurunan berat badan
  • Munculnya pembengkakan pada hati atau limpa
  • Mudah mengalami pendarahan seperti mimisan
  • Muncul bintik-bintik merah pada kulit
  • Sering muncul infeksi yang parah
Segeralah lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter jika mengalami gejala gangguan kesehatan seperti diatas, apalagi jika gejala tersebut sering muncul dan tak kunjung membaik untuk mendapatkan perawatan yang intensif. Pada umumnya dokter akan menanyakan beberapa gejala awal pada penderita sebelum melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk memastikan terkenanya kanker darah atau bukan maka dilakukan tes darah yang akan menunjukkan kondisi sel darah putih abnormal. Selain itu juga dilakukan biopsi sumsum tulang untuk memastikan keberadaan sel-sel kanker darah tersebut.

Jika ternyata positif terkena kanker darah atau leukimia, maka akan dilakukan pengobatan lebih lanjut. Namun dalam pengobatan kanker darah ini berbeda pada setiap penderita tergantung pada usia,kondisi kesehatan penderita dan jenis kanker yang menyerang penderita.
Adapun beberapa macam pengobatan kanker darah atau leukimia, antara lain :
  1. Kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker.
  2. Radioterapi bertujuan untuk menghancurkan dan menghambat berkembangnya sel kanker.
  3. Terapi terfokus bertujuan untuk menyerang bagian rentan dalam sel-sel kanker.
  4. Terapi biologis bertujuan untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan menyerang sel kanker
  5. Transplantasi sel induk atau sering kita dengar stem cell yaitu menggantikan sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat. Sel-sel induk yang digunakan bisa berasal dari tubuh penderita maupun tubuh orang lain sebagai pendonor sumsum tulang.
Baca juga : Cara Mengobati Kanker Kulit Secara Alami


Demikianlah pembahasan mengenai gejala awal dan pengobatan kanker darah atau leukimia yang perlu kita ketahui. Semoga artikel kesehatan ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika berkenan, silakan bagikan atau share artikel kesehatan mengenai gejala awal kanker darah atau leukimia dan pengobatannya ini melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Labels: Darah
0 Komentar untuk "Gejala Awal Kanker Darah Atau Leukimia Yang Perlu Diwaspadai"

Contact Form

Name

Email *

Message *